JPNN.com

Bamsoet dorong Sirkuit Sentul Kembali Gelar Kejuaraan Dunia Otomotif

Minggu, 10 Januari 2021 – 08:00 WIB
Bamsoet dorong Sirkuit Sentul Kembali Gelar Kejuaraan Dunia Otomotif - JPNN.com
Ketua MPR yang juga dipercaya menjadi Ketum IMI Bambang Soesatyo menyambangi Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/1). Foto: Humas MPR.

jpnn.com, BOGOR - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga dipercaya menjadi Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) menginginkan keberadaan Sirkuit International Sentul, Bogor, Jawa Barat, tidak hanya sekadar tempat balapan saja.

Namun, ia berharap mampu menjadi ikon otomotif sekaligus monumen kebanggaan bangsa.  Terlebih, Sirkuit Sentul merupakan saksi lahir dan majunya olahraga otomotif di Indonesia. 

Ia menjelaskan di Sirkuit Sentul pernah diselenggarakan berbagai kejuaraan international bergengsi seperti Asian F3, A1 Grand Prix, GP2 Asia. Bahkan di tahun 1996-1997, pernah menjadi tuan rumah MotoGP.

Pada 1997, Valentino Rossi yang bergabung dengan tim Aprilia ikut meramaikan balapan dengan turun di kelas 125 Cc dan menjadi juara.

"Sementara kelas 250 Cc dimenangkan Max Biagi dari Honda, dan di kelas bergengsi 500 Cc dimenangkan Tadayuki Okada," kata Bamsoet usai bertemu CEO Sirkuit International Sentul Tinton Soeprapto, di Bogor, Sabtu (9/1). 

Ketua ke-20 DPR ini tidak ingin kejayaan Sirkuit Sentul perlahan pudar ditelan roda zaman.

Karena itu, lanjut dia, setelah Sirkuit Mandalika di Lombok, tak salah kalau kelak perhelatan MotoGP maupun juga F1, juga bisa mampir ke Sirkuit Sentul.

Karena satu negara bisa saja menyelenggarakan lebih dari satu balapan di sirkuit yang berbeda. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...