Bamsoet Ingatkan Pemerintah soal Inflasi Ganda Jelang Puasa

Bamsoet Ingatkan Pemerintah soal Inflasi Ganda Jelang Puasa
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan, pemerintah harus mengantisipasi potensi inflasi ganda akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan momen Ramadan serta Idulfitri. Menurutnya, ada beberapa langkah yang harus ditempuh pemerintah demi mengantisipasi inflasi ganda.

Legislator Golkar yang akrab disapa dengan panggilan Bamsoet itu mengatakan, kenaikan harga BBM telah memicu inflasi Maret 2018 sebesar 0,19 persen. Sedangkan angka inflasi Januari-Maret 2018 mencapai angka 0,76 persen.

Di sisi lain, harga minyak mentah di pasaran dunia juga merangkak mendekati USD 70 per barel, sehingga pemerintah harus mengantisipasi imbasnya terhadap dalam negeri. “Agar pemerintah melakukan antisipasi, terutama pada bulan April-Juni (Ramadan dan Hari Raya Idulfitri, red), terhadap adanya potensi terjadinya inflasi ganda karena adanya kenaikan harga pangan dan BBM secara bersamaan,” ujar Bamsoet, Selasa (3/4).

Lebih lanjut Bamsoet mengatakan, pemerintah sebaiknya segera merevisi Peraturan Menteri ESDM Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM. “Ini demi mempersiapkan stok dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadan dan Idulfitri agar masyarakat mudah memperoleh BBM,” cetusnya.

Namun, Bamsoet juga mengatakan bahwa upaya menekan laju inflasi tak bisa hanya melalui revisi Permen ESDM. Sebab, Kementerian Perdagangan dan Bulog pun punya peran sentral untuk menekan laju inflasi.

Bamsoet menegaskan, Kemendag dan Bulog harus segera meningkatkan stok persediaan bahan pangan. “Karena kebutuhan masyarakat akan bahan pangan bakal meningkat ketika menghadapi Ramadan dan Idulfitri,” katanya.

Selain itu, Kemendag harus bisa mengendalikan harga eceran tertinggi (HET) komoditas pangan terutama cabai dan bawang. Pasalnya, kedua komoditas itu tidak tahan lama. “Jadi ada potensi kenaikan harga,” pungkasnya.(dna/JPC)


Ketua DPR Bambang Soesatyo mengkhawatirkan kemungkinan inflasi ganda akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan momen Ramadan serta Lebaran.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News