Peringatan HUT ke-75 MPR RI

Bamsoet: Ini Momentum Refleksi dan Proyeksi Perjalanan MPR Demi Wujudkan Indonesia Maju

Bamsoet: Ini Momentum Refleksi dan Proyeksi Perjalanan MPR Demi Wujudkan Indonesia Maju
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat memberikan sambutan pada acara Peringatan HUT ke-75 MPR RI dan Seminar Nasional Tentang Pembentukan Majelis Syuro Dunia di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Sabtu (29/8). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka Seminar Nasional tentang Pembentukan Lembaga Internasional Majelis Syura Dunia yang digagas MPR sekaligus peringatan HUT ke 75 MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (29/8).

Hadir dalam kesempatan itu antara lain Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Syarief Hasan, Jazilul Fawaid dan Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono. Selain itu, Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti hadir secara virtual.

Bambang mengatakan peringatan HUT ke-75 MPR adalah wujud syukur atas kelancaran dan capaian kinerja pelaksanaan wewenang dan tugas-tugas selama ini. Peringatan tersebut juga sekaligus sebagai momentun untuk melakukan refleksi dan proyeksi terhadap peran MPR ke depan dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.

Bamsoet: Ini Momentum Refleksi dan Proyeksi Perjalanan MPR Demi Wujudkan Indonesia Maju

Kiri ke kanan: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah dan Ahmad Muzani bersama Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono berfoto bersama pada acara Peringatan HUT ke-75 MPR RI dan Seminar Nasional Tentang Pembentukan Majelis Syuro Dunia di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Sabtu (29/8). Foto: Ricardo/JPNN.com

Legislator Partai Golkar yang karib disapa Bamsoet itu mengatakan bahwa Konstitusi dan MPR seperti dua sisi mata uang, satu dan lainnya tidak dapat dipisahkan.

"Oleh karena itu, saya atas nama pimpinan dan anggota MPR mengucapkan Dirgahayu Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia. Dirgahayu Konstitusi Indonesia. Mari kita kuatkan peran MPR dan Konstitusi dalam mewujudkan Indonesia Maju," kata Bamsoet.

Dia menjelaskan perjalanan sejarah MPR dalam kurun waktu 75 tahun Indonesia merdeka telah mengalami pasang surut, cerah mendung, terang gelap. Sejalan kondisi politik dan demokrasi serta sistem ketatanegaraan melalui keberlakuan konstitusi yang menjadi dasar penyelenggaraan negara.

Peringatan ulang tahun ke-75 MPR menjadi momentum untuk melakukan refleksi sekaligus proyeksi perjalanan MPR ke depan agar lebih berperan dalam mewujudkan Indonesia Maju, Indonesia Masa Depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News