Bamsoet Ketua MPR, Kader Gerindra Masuk Kabinet Jokowi?

Bamsoet Ketua MPR, Kader Gerindra Masuk Kabinet Jokowi?
Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengaku tidak tahu soal pertemuan atau komunikasi antara Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto, yang membuat Fraksi Partai Gerindra di MPR akhrinya memutuskan mendukung Bambang Soesatyo menjadi ketua MPR 2019-2024.

Menurut Puan, kedua tokoh memang selalu berkomunikasi. “Saya tidak tahu ada pertemuan atau tidak, tetapi yang pasti bahwa silaturahmi dan komunikasi antara Bu Mega dan Pak Prabowo selalu dilakukan,” ujar Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (4/10).

Puan yang juga putri dari Bu Mega, dan juga Ketua DPP PDI Perjuangan itu mengaku tidak mengetahui isi pembicaraan antara Megawati dan Prabowo, sehingga membuat fraksi partai berlambang kepala garuda itu mendukung Bambang.

Mantan menteri koordinator pembangunan manusia dan kebudayaan (Menko PMK) itu mempersilakan bertanya langsung kepada Partai Gerindra. “Ya tanya sama Ketua Fraksi Gerindra (Riza Patria) yang kemarin ngomong (di Sidang Paripurna MPR),” kata cucu Proklamator RI Bung Karno ini.

Puan juga menepis isu ada deal politik bahwa PDI Perjuangan menawarkan Partai Gerindra masuk kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo. Puan menegaskan, urusan kabinet silakan tanya langsung ke Jokowi, karena itu merupakan hak prerogatif presiden. “Oh itu, tanya presiden dong. Itu (hak) prerogatif presiden,” tegasnya.

Sebelumnya, Fraksi Partai Gerindra di MPR memutuskan mendukung Bambang sebagai ketua MPR. Keputusan itu diambil setelah adanya komunikasi antara Prabowo dan Megawati.  Ketua Fraksi Partai Gerindra di MPR Riza Patria menjelaskan, berdasar hasil konsultasi Prabowo dengan Megawati, tercapailah kesepakatan untuk kepentingan lebih besar. 

"Maka Bapak Prabowo dan Ibu Mega bersepakat untuk kepentingan yang lebih besar kami menjaga forum musyawarah dalam berbagai kebijakan penting dalam membangun bangsa dan negara," kata Riza dalam Sidang Paripurna MPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10).

Pimpinan sementara Sidang Paripurna MPR Abdul Wahab Dalimunthe kemudian meminta penegasan kepada Riza, soal sikap fraksinya terkait pemilihan ketua MPR. Wahab menjelaskan bahwa delapan partai politik dan DPD sudah sepakat memilih Bamsoet. "Dalam kesempatan ini apakah Gerindra setuju Bambang Soesatyo ketua MPR," kata Wahab. 

Gerindra bersedia mendukung Bamsoet menjadi ketua MPR setelah Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri berkomunikasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News