Bamsoet: Konferensi Internasional Sepakat Bentuk Forum MPR Dunia yang Digagas Indonesia

Bamsoet: Konferensi Internasional Sepakat Bentuk Forum MPR Dunia yang Digagas Indonesia
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan konferensi internasional di Bandung menyepakati terbentuknya Forum MPR Dunia. Ilustrasi. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengungkapkan konferensi internasional yang dihadiri pimpinan dan anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat, Majelis Syura atau lembaga sejenis MPR/Consultative Assembly dari 15 negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menyepakati terbentuknya Forum MPR Dunia yang digagas Indonesia. 

Dia menyebutkan forum itu juga disepakati oleh Parliamentary Union of the OIC Members States(PUIC) dan Muslim World League (Liga Muslim Dunia).

Kesepakatan itu diambil melalui musyawarah secara mufakat melalui sidang yang dipimpin oleh Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid hingga Rabu (26/10) dini hari.

Kelima belas negara itu ialah Kerajaan Maroko, Republik Arab Mesir, Republik Islam Pakistan, Palestina, Malaysia, Republik Demokratik Rakyat Aljazair, Kerajaan Bahrain, Republik Mozambik, Republik Yaman, Republik Turki, Republik Islam Iran, Republik Irak, dan Kerajaan Yordania Hasyimiyah.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu menyebutkan kelima belas negara yang hadir bersama PUIC dan Liga Muslim Dunia akan tercatat dalam sejarah sebagai Deklarator Pembentukan Forum MPR Dunia

"Kami juga telah membentuk Komite Khusus yang bertugas menyempurnakan berbagai kebutuhan teknis forum, seperti road map dan arah perjuangan, hingga kebutuhan teknis kesekretariatan, serta berbagai hal detail lainnya seperti yang mencakup anggaran dasar dan anggaran rumah tangga," ujar Bamsoet, Rabu (26/10)

Dia menjelaskan sebetulnya arah perjuangan forum yang baru dibentuk, sudah mulai tergambarkan dari berbagai pandangan yang disampaikan oleh masing-masing delegasi.

Misalnya, seluruh delegasi memiliki kesamaan pandangan untuk mendukung agar bangsa Palestina bisa mendapatkan kemerdekaan seutuhnya.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan konferensi internasional di Bandung menyepakati terbentuknya Forum MPR Dunia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News