Bamsoet Membagikan Jurus Sukses Berwirausaha dari Nol, Catat

Bamsoet Membagikan Jurus Sukses Berwirausaha dari Nol, Catat
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo setelah memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa Universitas Terbuka di Gedung Nusantara IV, Komplek MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (29/3). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama entrepreneur Bambang Reguna Bukit alias Bams Samsons membagikan jurus membangun jiwa entrepreneurship.

 

Hal itu dilakukan di hadapan para mahasiswa dan civitas academica Universitas Terbuka (UT).

Ada penelitian yang mengungkap beberapa kendala yang dihadapi mahasiswa dalam berwirausaha.

Yakni, terkendala modal, tidak berani mengambil risiko, tidak memiliki jiwa wirausaha, tidak ada partner, dan situasi yang tidak memungkinkan.

"Hasil penelitian tersebut sangat bisa dipatahkan. Contohnya, saat menjadi mahasiswa Universitas Jayabaya, tanpa modal, saya bisa memulai usaha menjual pisang goreng hingga kaus dengan keuntungan lumayan,'' ujar Bamsoet.

Kemudian, saat menjadi wartawan dan meliput pembukaan Pasar Induk Kramat Jati, Bamsoet mengetahui bahwa mereka mengambil barang dari Bekasi.

''Lantas, saya menawarkan diri untuk menjadi pemasok. Dengan menyewa kendaraan pikap, setiap pagi dini hari saya bolak-balik dari Bekasi ke pasar induk. Keuntungan yang didapat sangat lumayan,'' ujarnya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membagikan jurus sukses berwirausaha dari nol kepada mahasiswa Universitas Terbuka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News