Bamsoet Minta Kemensos Kerja Sama dengan KPK Awasi Penyaluran Bansos

Bamsoet Minta Kemensos Kerja Sama dengan KPK Awasi Penyaluran Bansos
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR.

jpnn.com, JAKARTA - Bamsoet Minta Kemensos Kerja Sama dengan KPK Awasi Penyaluran Bansos

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos)  segera memperbaiki data penerima bantuan sosial (bansos).

Ia pun meminta Kemensos sekaligus melakukan penggabungan tiga basis data penerima bantuan yakni program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non-tunai (BPNT) dan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Hal itu, kata dia, supaya dalam penyaluran bantuan tidak tumpang tindih dan tepat sasaran.

"Mengingat, perbaikan data sangat penting karena tahun ini pemerintah sudah memutuskan bahwa bantuan sosial diserahkan dalam bentuk tunai," kata Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (6/1).

Politikus Partai Golkar itu mendorong pemerintah dalam hal ini Kemensos bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengurangi penyimpangan dan tetap mengawasi penyaluran atau pendistribusian bantuan sosial yang ditujukan untuk para penerima bantuan.

"Inj sebagai upaya pemerintah mencegah terjadinya kecurangan atau penyalahgunaan wewenang yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi," ungkapnya.

Dia meminta  pemerintah dapat membenahi data penerima bantuan secara berkala sekaligus memperluas jangkauannya.

Bamsoet meminta Kemensos bekerja sama dengan KPK mengurangi penyimpangan dan tetap mengawasi penyaluran atau pendistribusian bansos.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News