Bamsoet Optimistis Danau Toba jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia di Era Gaya Hidup Baru

Bamsoet Optimistis Danau Toba jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia di Era Gaya Hidup Baru
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo optimistis pariwasata menjadi salah satu sektor yang segera bangkit di era gaya hidup baru.

Dia pun berharap pemerintah memberikan insentif khusus untuk merangsang para wisatawan kembali membanjiri objek wisata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Semisal, pemerintah bisa bekerja sama dengan maskapai penerbangan memberikan diskon tiket pesawat. Khususnya, untuk penerbangan ke sepuluh kawasan wisata prioritas yang dikenal dengan 10 Bali Baru, di mana kawasan Danau Toba masuk di dalamnya," ujar Bamsoet saat mengisi Webinar 'Strategi Pengembangan Pariwisata di Kawasan Danau Toba di Era Gaya Hidup Baru', yang diselenggarakan oleh Komite Masyarakat Danau Toba, dari Ruang Kerja Ketua MPR RI, Jakarta, Selasa (9/6).

"Tentu, dengan catatan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 tetap dipertahankan," imbuhnya.

Turut serta secara virtual antara lain Ketua Umum Komite Masyarakat Danau Toba Edison Manurung, Kapolda Sumatera Utara Irjen pol Martuani Sormin, Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Dirut Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Arie Prasetyo, dan Anggota DPR RI periode 2014-2019 Dapil Sumatera Utara II Sahat Silaban.

Mantan Ketua DPR RI ini meyakini karakteristik pariwisata di kawasan Danau Toba yang menawarkan keindahan alam sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ingin melepas penat usai pandemi Covid-19.

Tinggal bagaimana masyarakat dan pemerintah setempat bisa menjamin di sekitar kawasan pariwisata tidak terjadi kerumunan. Serta manajemen hotel memberikan jaminan kebersihan seluruh sarana dan prasarananya.

"Keindahan alam Danau Toba dengan dukungan kebudayaan Batak merupakan perpaduan yang sempurna menjadikan kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia. Peran serta masyarakat merupakan kunci keberhasilan. Terlebih masyarakat Batak memiliki sistem kekerabatan marga yang kuat, yang bisa menjadi spirit membangun kawasan Danau Toba," kata Bamsoet.

Ketua MPR RI berharap pemerintah memberikan insentif khusus untuk merangsang para wisatawan kembali membanjiri obyek wisata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News