Bamsoet Optimistis Pengurus Kadin Indonesia yang Baru Dilantik Bakal Bikin Gebrakan

Bamsoet Optimistis Pengurus Kadin Indonesia yang Baru Dilantik Bakal Bikin Gebrakan
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet masuk dalam kepengurusan Kadin Indonesia yang dilantik hari ini, Rabu (20/10). Dia menjabat sebagai Ketua Badan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kadin Indonesia. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo optimistis di bawah kepemimpinan Arsjad Rasjid, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bisa membuat berbagai gebrakan dalam memajukan dunia usaha sekaligus membantu pemerintah memulihkan perekonomian.

Menurutnya, keyakinan itu semakin kuat melihat sejumlah nama besar masuk dalam kepengurusan Kadin Indonesia periode 2021-2026..

Ada Anindya Bakrie sebagai ketua Dewan Pertimbangan, MS Hidayat (ketua Dewan Penasehat), Rosan P Roslan (ketua Dewan Kehormatan), Chairul Tanjung (ketua Dewan Usaha), termasuk Bamsoet yang menjabat sebagai Ketua Badan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan.

Salah satu tantangan Kadin Indonesia adalah mewujudkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir 2021 hingga 2022 tumbuh positif yang disampaikan sejumlah lembaga ekonomi selama periode September hingga Oktober 2021, menjadi kenyataan.

Oleh karena itu, Bamsoet mendorong Kadin Indonesia bisa memanfaatkan kehadiran Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) yang telah disepakati negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia, bersama Australia, New Zealand, China, Jepang dan Korea Selatan.

Dia menyampaikan keuntungan yang bisa diperoleh Kadin Indonesia jika memanfaatkan kehadiran RCEP adalah meningkatkan ekspor Indonesia ke negara-negara peserta RCEP hingga 8-11 persen, menarik investasi hingga 18-22 persen, meningkatkan kesejahteraan sebesar USD 1,516 juta, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi 0,26 persen.

"Kadin Indonesia bisa memaksimalkannya melalui berbagai sektor strategis seperti pertanian, mining, wood product, paper, chemical, rubber, dan plastic," jelas Bamsoet usa pelantikan Pengurus Kadin Indonesia 2021-2026 di Jakarta, Rabu (20/9).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga menyoroti kontribusi sektor ekonomi digital yang baru menyumbangkan sekitar 4 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB).
Padahal Presiden Joko Widodo menargetkan pada 2030 bisa ditingkatkan menjadi 18 persen.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menaruh harapan besar kepada kepengurusan Kadin Indonesia yang baru dilantik