Bamsoet Pastikan Ribuan Aparat Siap Amankan PON XX Papua

Bamsoet Pastikan Ribuan Aparat Siap Amankan PON XX Papua
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: dok Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan apresiasi kesiapan Polri, TNI dan BIN dalam pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Dia memastikan ada ribuan personil aparat penegak hukum yang diterjunkan untuk mengamankan olahraga tersebut.

"Untuk memastikan keamanan dan keselamatan para atlet, Polri menyiapkan 4.412 personil, TNI sebanyak 2.765 personil dan 739 personil dari instansi terkait," ungkap pria yang akrab disapa Bamsoet itu usai kembali kunjungan kerja dari JayapuraPapua, di Jakarta, Selasa (28/9).

Bamsoet memastikan semua personil yang bertugas itu mengamankan para atlet mulai dari keberangkatan, pertandingan, hingga kepulangan.

Menurut dia, khusus untuk pembukaan dan penutupan PON XX di Stadion Lukas Enembe, aparat yang bertugas mencapai 3.000 personel.

Tim gabungan itu terdiri dari ring 2, ring 3, dan penyekatan sebanyak 1.125 personil. Sementara itu, personil TNI yang mengamankan ring 1 sebanyak 1.875 personil.

"Seluruh personil dipastikan memiliki fisik prima, dan memiliki kemampuan taktis diatas rata-rata," beber dia.

Lebih jauh, Bamsoet mengatakan personil yang disiapkan mencapai 875 orang yang tersebar di Bandara Sentani Jayapura sebanyak 230 personil, di Moses Kilangin Mimika sebanyak 280 personil.

Ada juga 95 personil di Mopah Merauke, 160 personil di Pelabuhan Jayapura, 75 personil di Pelabuhan Pomako Mimika, dan 75 personil di Pelabuhan Yos Sudarso Merauke.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan ada ribuan personil aparat penegak hukum yang diterjunkan untuk mengamankan PON XX Papua.