Bamsoet: Pilpres dan Pileg Sama-Sama Strategis Bagi Negara

Bamsoet: Pilpres dan Pileg Sama-Sama Strategis Bagi Negara
Bambang Soesatyo (tengah). Foto: DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menilai Pemilu 2019 akan menguras energi partai politik untuk memenangi pilpres sekaligus pileg.

Di sisi lain, penyelenggaraan pemilu serentak membuat panggung politik akan lebih diwarnai oleh persaingan pilpres sehingga perhatian publik pada pileg seperti luput dari pantauan.

"Padahal, pilpres dan pileg sama penting dan strategisnya bagi kelangsungan penyelenggaraan negara. Di sini perlu ada edukasi politik yang lebih intensif agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam pileg dan pilpres secara cerdas," ujar Bamsoet dalam diskusi bertajuk Persaingan Pasangan Capres 2019, Rabu (26/9).

Mantan ketua Komisi III DPR RI itu berharap Pemilu 2019 bisa berjalan damai, efektif dan berkualitas.

Apalagi, anggaran Pemilu 2019 lebih besar dari sebelumnya, yakni mencapai Rp 38,2 triliun untuk KPU, Bawaslu dan Polri.

"Masalah-masalah yang menimbulkan potensi kerawanan harus diantisipasi secara cermat. Khususnya, masalah daftar pemilih tetap (DPT) yang belum selesai," kata Bamsoet.

Wakil ketua umum KADIN ini menuturkan, Pemilu 2019 kembali mempertemukan Joko Widodo dan Prabowo Subianto dengan cawapres yang berbeda.

Sebagai petahana Jokowi mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki Prabowo. Presiden Jokowi sudah membuktikan ke publik bahwa kinerja pemerintahannya sudah memuaskan rakyat.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menilai Pemilu 2019 akan menguras energi partai politik untuk memenangi pilpres sekaligus pileg.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News