Bamsoet: Puteri Indonesia Harus Jadi Duta Pancasila di Dunia

Bamsoet: Puteri Indonesia Harus Jadi Duta Pancasila di Dunia
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat menghadiri malam Grand Final Puteri Indonesia 2019 di JCC Jakarta. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo yang juga anggota dewan dewan juri ajang Puteri Indonesia, meminta Puteri Indonesia 2019 terpilih, Frederika Alexis Cull untuk menjadi Duta yang membumikan Pancasila di berbagai belahan dunia.

Spirit Pancasila yang digali dari jati diri bangsa Indonesia oleh Presiden Soekarno, terbukti mampu mengharmoniskan 300 etnik dengan 1.340 suku bangsa di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Banyak negara dunia yang heran kenapa Indonesia yang wilayahnya begitu luas dan penduduknya beraneka ragam, namun sampai hari ini masih tegak berdiri. Tidak ada perpecahan, permusuhan, apalagi perang saudara sebagaimana yang terjadi di berbagai negara besar lainnya. Jawabannya adalah karena kita punya Pancasila," tegas Bamsoet usai menjadi juri di acara Grand Final Puteri Indonesia 2019, di Jakarta, Jumat (8/3) malam.

Baca juga: Frederika Alexis Cull, Putri Indonesia 2019 yang Cinta Hewan

Legislator Partai Golkar Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menjelaskan, para finalis Puteri Indonesia 2019 adalah perempuan terpilih yang suaranya tak hanya didengar oleh orang banyak, melainkan juga punya pengaruh besar. Karenanya, sebelum membumikan Pancasila ke berbagai belahan dunia, terlebih dahulu para finalis harus membumikan Pancasila di hati mereka.

"Pancasila bukan sekadar mantra, melainkan spirit hidup yang menghargai perbedaan dalam bingkai persaudaraan. Sebagaimana Tuhan menciptakan manusia yang pada hakikatnya berbeda-beda bukanlah untuk membenci atau menyebar benih permusuhan, melainkan untuk saling mengenal satu sama lain," jelas Bamsoet.

Baca juga: DPR Tetap Memberikan yang Terbaik di akhir Masa Jabatan

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini juga mengingatkan kepada para finalis, pergaulan internasional yang akan mereka hadapi harus dibentengi dengan jiwa nasionalisme. Manfaatkan berbagai kesempatan di dunia internasional untuk lebih mengenalkan Indonesia.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Puteri Indonesia 2019 terpilih, Frederika Alexis Cull untuk menjadi Duta yang membumikan Pancasila di berbagai belahan dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News