Bamsoet Sampaikan Pujian untuk Sri Mulyani Lewat Pantun

Bamsoet Sampaikan Pujian untuk Sri Mulyani Lewat Pantun
Ketua DPR Bambang Soesatyo didampingi Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Ketua BKSAP Nurhayati Ali Assegaf bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada International Women's Day 2018 di Kompleks Parlemen. Foto: Ist for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengatakan kesetaraan gender bukanlah isu perempuan semata. Namun, kata dia, sudah menjadi isu sosial dan kemanusiaan dalam artian yang lebih luas.

Politikus Partai Golkar yang karib disapa Bamsoet itu mengatakan, kesetaraan gender merupakan gerakan global di mana laki-laki dan perempuan harus sama-sama dilibatkan.

“(Kesetaraan gender) meliputi hak manusia yang paling mendasar yaitu hidup tanpa diskriminasi,” kata Bamsoet saat membuka perayaan International Women's Day 2018 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (14/3).

Dalam perayaan International Women's Day 2018 ini DPR menganugerahkan penghargaan kepada Presiden Joko Widodo yang dianggap memiliki prestasi yakni berhasil menempatkan kaum perempuan terbanyak dalam kabinetnya dibandingkan dengan kabinet sebelumnya.

Mantan Ketua Komisi III DPR ini mengatakan Presiden Jokowi mampu memberikan teladan dan kepercayaan bahwa kaum perempuan juga bisa berkarir di eksekutif. Sebanyak delapan perempuan pilihan Presiden Jokowi di Kabinet Kerja telah membuktikan kinerjanya dalam menempati posisi kementerian yang sangat penting. Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Luar Negeri, Menteri Keuangan, Menteri BUMN, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Kesehatan, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak..

Selain kepada Presiden Jokowi, DPR juga memberikan penghargaan kepada DPRD Provinsi Riau karena memiliki jumlah anggota DPRD perempuan terbesar secara nasional. Sementara Bupati Kabupaten Minahasa Selatan Christiany Eugenia Parantu dan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mendapatkan penghargaan atas pencapaian mereka sebagai Bupati Perempuan yang terpilih selama dua periode berturut-turut.

“Berbagai penghargaan tersebut merupakan simbol pengakuan dan apresiasi DPR RI kepada orang pribadi, institusi, maupun kepada masyarakat yang telah memberi ruang berkreasi bagi perempuan. Mari terus kita ciptakan dunia yang penuh keadilan dan kesetaraan, terutama kepada kaum perempuan," kata Bamsoet.

Secara khusus Bamsoet memberikan penghargaan dan memuji Sri Mulyani yang dinilainya sebagai salah satu menteri perempuan terbaik di kabinet kerja. Terlebih, belum lama ini Sri Mulyani terpilih sebagai menteri terbaik dunia dalam acara World Government Summit di Dubai, Uni Emirat Arab.

Kesetaraan gender bukanlah isu perempuan semata tapi sudah menjadi isu sosial dan kemanusiaan dalam artian yang lebih luas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News