Bamsoet: Saya Pastikan tidak Akan Jadi Bola Liar

Bamsoet: Saya Pastikan tidak Akan Jadi Bola Liar
Ketua MPR Bambang Soesatyo. Foto : Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menjamin amendemen UUD NRI 1945 tidak akan menjadi bola liar.

Menurutnya, pimpinan dari sembilan partai dan satu kelompok DPD di parlemen sepakat untuk sangat hati-hati dan cermat dalam mengakomodasi seluruh aspirasi masyarakat atas amendemen yang menjadi rekomendasi MPR sebelumnya.

“Intinya kami akan mendengarkan dan menampung berbagai inspirasi yang berkembang di tengah masyarakat terkait konstitusi kita. Bisa saya pastikan amandemen tidak akan menjadi bola liar. Kami akan menggiring sesuai kehendak rakyat,” kata Bambang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (15/10).

Sebelumnya, amendemen terbatas UUD NRI 1945 direncanakan untuk menghidupkan kembali haluan negara. Namun ada beberapa partai yang menginginkan amendemen menyeluruh.

Bamsoet mengatakan, tidak masalah kalau ada fraksi yang berbeda pendapat. Menurut dia, sudah barang tentu 10 fraksi yang ada di MPR ini berbeda-beda usulan.

“Minimal titik komanya yang diusulkan pasti beda. Nah, tugas kami merangkum dan mengharmonisasikan aspirasi fraksi-fraksi itu harus sesuai kehendak mayoritas masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Sekali lagi, Bamsoet menegaskan, kalau bicara perbedaan, suami istri dalam satu rumah tangga saja kadang ada yang berbeda, apalagi fraksi-fraksi dan partai politik satu dengan lainnya.

“Nah, tugas kami adalah merangkum semua itu. Jadi, sangat butuh kepiawaian DPR untuk mengharmonisasikan semua keinginan di tengah masyarakat,” paparnya.

Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet menjamin amendemen UUD NRI 1945 tidak akan menjadi bola liar karena pimpinan dari sembilan partai dan satu kelompok DPD di parlemen sepakat untuk sangat hati-hati dan cermat dalam mengakomodasi seluruh aspirasi mas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News