Bamsoet Sebut F1 Powerboat Championship Danau Toba Berikan Dampak Besar di Sektor Ini

Bamsoet Sebut F1 Powerboat Championship Danau Toba Berikan Dampak Besar di Sektor Ini
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan F1 Powerboat Championship 2023 di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut). Foto: dok MPR RI

jpnn.com, SUMATERA UTARA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan F1 Powerboat Championship 2023 di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) pada 24-26 Februari 2023.

Ajang itu diikuti sekitar 20 tim balap yang berasal dari 10 negara menaklukan lintasan balap sepanjang 2.218 meter.

Menurut pria yang diakrab Bamsoet itu lebih dari 25 ribu penonton yang menyaksikan langsung di lokasi, serta 180 juta lebih penonton dari berbagai negara dunia yang menyaksikan dari berbagai saluran media.

Memberikan dampak yang luar biasa bagi country branding Indonesia sebagai tuan rumah berbagai kejuaraan motorsport dunia.

Sekaligus memberikan dampak ekonomi yang besar bagi Indonesia, dan Sumatera Utara pada khususnya.

"Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengungkapkan, dampak ekonomi selama event F1 Powerboat ini bisa mencapai Rp 300 miliar lebih. Terbukti dari cafe dan hotel yang full booked, salah satunya terlihat di cafe dan hotel Nabasa yang terletak di Jalan Siliwangi, Balige, Toba," ujar Bamsoet seusai mengunjungi cafe dan Hotel Nabasa, di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara, Minggu (26/2).

Acara tersebut dihadiri pejabar negara antara lain Menkumham Yasonna Laoly, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Nae Soi, dan Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara Harun Mustafa Nasution.

Ketua DPR RI ke-20 itu menjelaskan, keindahan Danau Toba secara langsung diakui oleh para pembalap F1 Powerboat.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan F1 Powerboat Championship 2023 di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News