Bamsoet Terima Telepon Ketua Parlemen Turki, Bilang Begini Soal Palestina

Bamsoet Terima Telepon Ketua Parlemen Turki, Bilang Begini Soal Palestina
Dokumentasi - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meluncurkan dua buku berjudul Solusi Jalan Tengah dan Jurus Empat Pilar. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima telepon dari Ketua Parlemen Turki Mustafa Sentop pada Jumat (23/7).

Dalam pembicaraan lewat telepon pria yang akrab disapa Bamsoet ini menegaskan bahwa Indonesia secara konsisten mendukung perjuangan bangsa Palestina untuk memperoleh kemerdekaan.

Menurut Bamsoet dukungan ditunjukkan Indonesia melalui berbagai forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan Gerakan Non-Blok (GNB).

Indonesia juga secara konsisten berpegang teguh pada amanah konstitusi yang menentang berbagai bentuk penjajahan di muka bumi.

Ditegaskan pula bahwa dukungan Indonesia kepada Palestina merupakan amanat konstitusi dan berada di jantung politik luar negeri Indonesia.

"Oleh karena itu, pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina dan menempatkan isu ini sebagai salah satu isu prioritas kebijakan luar negeri Indonesia," ujar Bamsoet.

Bamsoet juga mengatakan bahwa bangsa Indonesia melihat akar masalah konflik Israel dan Palestina adalah penjajahan yang belum berakhir.

Selain itu, Bangsa Indonesia juga melihat konflik di Palestina merupakan perang asimetris antara penjajah dan pihak yang dijajah.

Bamsoet menerima telepon dari ketua parlemen Turki, keduanya kemudian membahas soal Palestina

Sumber ANTARA