Bamusi: Arteria Dahlan Bukan Bermaksud Memaki Kemenag

Bamusi: Arteria Dahlan Bukan Bermaksud Memaki Kemenag
Arteria Dahlan. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Organisasi sayap PDI Perjuangan, Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) meminta semua pihak tidak memperpanjang masalah Arteria Dahlan, anggota Komisi III DPR yang melontarkan umpatan kepada Kementerian Agama (Kemenag).

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Bamusi Nasyirul Falah Amru menilai yang disampaikan Arteria demi kepentingan umat Islam, khususnya kepada para jemaah yang menjadi korban penipuan biro perjalanan umrah.

Nasyirul mengatakan, apa yang disampaikan Arteria murni sebagai bentuk pengawasan anggota dewan kepada pemerintah dalam hal ini Kemenag dalam mengatur biro perjalanan umrah.

"Bagi umat Islam, ibadah umrah ke tanah suci merupakan haji kecil yang memiliki keutamaan menjadi pengampunan dosa berdasarkan HR Bukhari dan Muslim. Jika ada aspirasi dari umat Islam yang merasa bermasalah dengan biro perjalanan umrah harus disampaikan DPR kepada pemerintah," katanya, Jumat (30/3).

Menurutnya pula, apa yang disampaikan Arteria dalam forum rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kejaksaan Agung (Kejagung) itu demi membela hak konstitusional para jemaah umrah yang sudah tertipu biro perjalanan umrah.

Sebab, ujar dia, banyak sekali dari jemaah umrah yang sudah tertipu bingung harus mengadu ke mana dan tidak bisa berbuat apa-apa agar hak mereka bisa kembali.

"Biaya untuk ibadah umrah tidaklah murah. Banyak sekali dari mereka yang sudah bersusah payah menabung seumur hidupnya namun gagal berangkat,” katanya.

Menurut dia, mereka paham bahwa uang yang dikumpulkan selama ini melalui keringat dan air mata mustahil akan kembali secara utuh. “Tapi karena keyakinanlah mereka masih ada dan tetap senantiasa berjuang," ujarnya.

Apa yang diucapkan Arteria Dahlan memang tidak pantas, namun dia sudah minta maaf.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News