Bandara Internasional Yogyakarta Ditargetkan Beroperasi Penuh Akhir Maret 2020

Bandara Internasional Yogyakarta Ditargetkan Beroperasi Penuh Akhir Maret 2020
Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo atau Bandara Yogyakarta. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, YOGYAKARTA - Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) ditargetkan akan beroperasi secara penuh pada 29 Maret 2020.

Di mana nantinya seluruh penerbangan di Bandara Adisutjipto (JOG) akan dialihkan ke YIA, kecuali penerbangan berjadwal dan tidak berjadwal yang menggunakan pesawat propeller/baling-baling, serta penerbangan VIP menggunakan pesawat jet pribadi. 

Saat beroperasi secara penuh, YIA akan beroperasi selama 24 jam, dari yang sebelumnya hanya beroperasi 12 jam dari pukul 06.00 - 18.00 WIB.

Sementara, jam operasi Bandara Adisutjipto Yogyakarta akan berubah, dari sebelumnya pukul 05.00 - 21.00 WIB, menjadi pukul 05.00 - 18.00 WIB.

"Realisasi progress pekerjaan hingga minggu ke-79 (periode 13 Januari-19 Januari 2020) telah mencapai 97,8 persen. Fokus pekerjaan saat ini yakni melakukan finishing flyover menuju area keberangkatan lantai 3, finishing interior, pemasangan artwork," ujar Dirut PT AP I Faik Fahmi.

Gedung Terminal Penumpang YIA memiliki 3 lantai dengan luas area 219 ribu meter persegi. Bandara baru ini mampu melayani hingga 20 juta penumpang per tahun.

Seperti diketahui dalam kunjungannya, Presiden Jokowi meresmikan proyek jalan bawah tanah (Underpass) sepanjang 1,3 kilometer, yang merupakan penghubung jalur lintas selatan yang terputus akibat pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta.

Jokowi juga mengapresiasi dan mengaku puas atas kecepatan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta Internasional Airport (YIA).(chi/jpnn)

Saat beroperasi secara penuh, Bandara Internasional Yogyakarta akan beroperasi selama 24 jam, dari yang sebelumnya hanya beroperasi 12 jam dari pukul 06.00 - 18.00 WIB.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News