Bandara Jenderal Besar Soedirman Kembali Dibuka, Alhamdulillah

Bandara Jenderal Besar Soedirman Kembali Dibuka, Alhamdulillah
Staf Ahli Bidang Keselamatan dan Konektivitas Perhubungan, Maria Kristi Endah saat pembukaan kembali Bandara Jenderal Besar Soedirman. Foto: Dok Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menyatakan pihaknya menyambut baik dukungan lima daerah terhadap pengoperasian kembali layanan penerbangan di Bandara Jenderal Besar Soedirman.

Lima daerah itu adalah wilayah Banyumas Raya yaitu Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, dan Pemalang mendukung penuh pemulihan sektor penerbangan.

"Kami memberikan jaminan terhadap keterisian penumpang pesawat udara, sehingga dapat mengoptimalkan kembali pengoperasian penerbangan rute Halim Perdanakusuma – Purbalingga,” ujar Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (3/11).

Penandatanganan komitmen tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan dan concern Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menhub sebelumnya, langsung turun ke lapangan mendorong kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah maupun antarpemda dalam rangka pemulihan industri penerbangan setelah dua tahun terakhir terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Support dan dukungan dapat meningkatkan konektivitas dan tingkat keterisian pesawat (load factor) dengan harapan bisa menurunkan harga tiket pesawat yang lebih terjangkau oleh masyarakat di tengah masih tingginya harga bahan bakar dan nilai tukar mata uang,” ujar Nur Isnin.

Diketahui, beberapa bulan terakhir ini harga tiket sub sektor transportasi udara relatif stabil dan cenderung melandai, sehingga diharapkan dapat berpartisipasi positif dalam pengendalian inflasi.

Adapun rute penerbangan Halim Perdanakusuma-Purbalingga yang akan dilayani oleh maskapai Citilink ini akan beroperasi mulai 10 November 2022.

Kemenhub menerima dukungan pembukaan kembali Bandara Jenderal Besar Soedirman untuk rute Halim Perdanakusuma-Purbalingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News