Bandara Juwata akan Terapkan Intramodal Airport System

Bandara Juwata akan Terapkan Intramodal Airport System
Bandara Juwata akan Terapkan Intramodal Airport System

jpnn.com - TARAKAN – Pengelola Bandara Juwata Tarakan merancang penerapan intramodal airport system. Hal ini dilakukan untuk mempermudah akses pengguna jasa bandara terbesar di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) itu.

"Konsepnya, masyarakat dari luar Tarakan yang akan berangkat naik pesawat bisa langsung ke Bandara Juwata dengan menggunakan speedboat. Tidak perlu ke pelabuhan dulu, baru naik taksi atau angkutan kota menuju bandara," kata Kepala Bandara Juwata Tarakan, Syamsul Banri, Kamis (10/4).

Jika rencana ini terwujud, Syamsul mengklaim Bandara Juwata Tarakan akan menjadi bandara pertama di Indonesia yang menerapkan intramodal airport system.

"Karena angkutan sungai atau laut bisa berlabuh di bandara," ujarnya.

Untuk mewujudkannya, Sungai Karang Anyar Pantai yang letaknya tidak jauh dari bandara akan dibangun untuk memudahkan gerak speedboat dan angkutan berlabuh di dermaga yang nanti didesain sebagai pintu masuk bandara.

Secacara teknis Syamsul menjelaskan, perkiraan panjang Sungai Karang Anyar Pantai dari sisi bibir pantai ke area parkir bandara adalah 500 – 750 meter. Itu nanti akan dibangun  pelabuhan kecil di dalam bandara.

“Saya kira, kalau bersama-sama dengan pemerintah daerah dan provinsi kita dorong, ini pasti bisa. Kalau tidak, bisa dorong investor," terangnya.

Terobosan ini juga mendorong peningkatan di sektor pariwisata. Wisatawan domestik maupun mancanegara yang selama ini banyak keluar masuk Tarakan hanya untuk transit sebelum menyeberang ke Pulau Derawan, Kabupaten Berau, bisa dengan mudah aksesnya ke Bandara Juwata.

TARAKAN – Pengelola Bandara Juwata Tarakan merancang penerapan intramodal airport system. Hal ini dilakukan untuk mempermudah akses pengguna

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News