Bandara Kuala Namu Beroperasi 2009

Bandara Kuala Namu Beroperasi 2009
Bandara Kuala Namu Beroperasi 2009
MEDAN – Krisis keuangan tidak berpengaruh pada rencana pembangunan Bandar Udara Medan Baru di Kuala Namu, Deli Serdang, Sumatera Utara. PT Angkasa Pura II optimistis bandara yang kini telah separo jadi itu bisa beroperasi akhir 2009.

Penegasan itu disampaikan Dirut PT Angkasa Pura II Eddy Haryoto dalam paparan pembangunan Bandara Kuala Namu di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Medan, Jumat (21/11). ”Tidak ada kendala yang menghambat proyek ini, kecuali masalah tanah yang lembek,” katanya.

Akibat tanah labil, pembangunan sisi privat atau landasan pacu terlambat. Sebab, kontraktor harus mengubah desain runway dengan menurunkan tinggi permukaan landasan serta mengganti material dasar landasan dari pasir darat menjadi pasir laut. ”Penggunaan pasir laut ini masih harus menunggu izin Departemen ESDM,” paparnya.

Sambil menunggu izin, beberapa paket pembangunan sisi privat mulai ditenderkan. Izin penambangan dari bupati Deli Serdang pun sudah dikeluarkan. ”Sekarang ini paket outer side bandara atau paket satu, seperti pembangunan runway dan taxiway, terealisasi 16 persen. Sedangkan, pembangunan sisi publik (terminal) telah mencapai 53 persen,” katanya.

MEDAN – Krisis keuangan tidak berpengaruh pada rencana pembangunan Bandar Udara Medan Baru di Kuala Namu, Deli Serdang, Sumatera Utara. PT

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News