Bandara Modern Perkuat Perekonomian Daerah

Bandara Modern Perkuat Perekonomian Daerah
Beberapa pesawat sedang terparkir. Foto Ilustrasi/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pembangunan sejumlah bandara-bandara baru yang modern di kawasan timur Indonesia seperti di Papua, Maluku dan Pontianak menjadi katalis dalam menumbuhkan perekonomian daerah.

Keberadaan bandara-bandara atau terminal baru di bandara seperti di Bandara Supadio Pontianak otomatis menggerakkan perekonomian setempat.

"Ritel dan bongkar muat serta kargo spontan akan tumbuh. Tuntutan ketersediaan moda angkutan pun akan muncul. Sehingga dengan cepat roda perekonomian pun akan bergerak cepat," kata pengamat infrastruktur yang juga Guru Besar Insfrastruktur ITB Harun Alrasyid di Jakarta, Jumat (29/12).

Hal itu Harun kemukakan menanggapi peresmian sejumlah bandara baru di wilayah Indonesia Timur dan kehadiran terminal baru di Bandara Supadio Rabu (28/12).

Seperti diketahui, Presiden Jokowi dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi baru saja meresmikan terminal baru Bandara Supadio Pontianak.

Menurutnya, apa yang dilakukan Budi Karya Sumadi sudah tepat.

"Ini mempercepat tumbuhnya perekonomian daerah.Karena kehadiran bandara-bandara tersebut menjadi penggerak kegiatan ekonomi daerah setempat. Istilahnya dikapitalisasi," papar Harun.

Kini, lanjut dia, yang harus dilakukan pemerintah pusat dan daerah adalah melakukan sinergi bagaimana kapitalisasi ekonomi itu bisa dilakukan. Dalam hal ini, pemerintah pusat bisa membantu penyediaan lahan kota transportasi, modal, bisnis plan dan instruktur untuk transfer ilmu dan SDM.

Tahun 2017 ini Kemenhub meresmikan sejumlah bandara dan satu terminal baru di berbagai wilayah Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News