Menhub Dinilai Berhasil Berhasil Wujudkan Keinginan Presiden

Menhub Dinilai Berhasil Berhasil Wujudkan Keinginan Presiden
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Papua Lukas Enembe saat meninjau Pelabuhan Nabire, Kamis (21/12). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinilai telah berhasil membuat sektor transportasi di Indonesia semakin baik, karena sanggup merealisasikan impian Presiden Joko Widodo membangun infrastruktur secara sentris.

Pengamat Transportasi dari Universitas Sugiprajanata Semarang Djoko Setiawarno melihat langkah Budi secara cepat dan sporadis memperluas sekaligus mempercepat pembangunan berbagai bandara pelabuhan serta terminal/stasiun-stasiun di sejumlah tempat telah menciptakan Indonesia Sentris.

Mengingat saat ini jaringan transportasi seluruh Indonesia sudah terkoneksi terutama oleh jaringan angkutan udara dan laut.

"Ibaratnya kini jaringan transportasi Indonesia sudah terkoneksi. Artinya connecting transportasi antar seluruh Indonesia sudah terwujud," kata Djoko menanggapi sepak terjang Menhub BKS selama 2017.

Hal itu dibuktikan oleh perluasan sejumlah bandara mulai dari Papua hingga Aceh. Terakhir, Seperti pembangunan Bandara Nabire, Sorong dan sejumlah bandara di Jawa.

Ini ditambah dengan pembangunan jaringan rel Kereta Api di Sulawesi, pembangunan jalur ganda Bogor,KRL Bandara Soekarno-Hatta, Sukabumi serta pembangunan LRT di Jakarta dan Palembang.

"Kini LRT di Palembang sudah hadir. Sebentar lagi Jakarta. Bandara Solo akan terhubung dengan kereta api.Ini betul-betul Indonesia Sentris," jelasnya.

Kalau pun masih ada pekerjaan rumah yang harus dibenahi lanjut dia adalah pembenahan angkutan darat berbasis jalan.

Saat ini jaringan transportasi seluruh Indonesia sudah terkoneksi terutama oleh jaringan angkutan udara dan laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News