Bandara Sepinggan Terbesar di Indonesia Timur

Bandara Sepinggan Terbesar di Indonesia Timur
Bandara Sepinggan Terbesar di Indonesia Timur

jpnn.com - BALIKPAPAN – PT Angkasa Pura I, mulai hari ini resmi mengoperasikan terminal baru Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan.

Operation Director AP I Yushan Sayuti menuturkan beroperasinya terminal baru Bandara Sepinggan ini merupakan komitmen AP I untuk semakin meningkatkan pelayanan.

Terminal seluas 110.000 m2 dengan kapasitas 10 juta penumpang per tahun ini, dikerjakan selama 32 bulan sejak Agustus 2011 hingga Maret 2014, dengan total investasi sekitar Rp 2 triliun.

Dengan begitu, kata Yushan, saat ini Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan dipastikan menjadi bandara terbesar di kawasan timur Indonesia.

"Bandara ini mengusung konsep eco-airport dengan memanfaatkan secara maksimal penerangan sinar matahari, pengaturan air conditioner untuk mengurangi konsumsi energi, serta pemanfaatan air limbah yang dapat digunakan kembali," ujar Yushan Sayuti dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/3).

Selain itu, Bandara Internasional Sepinggan juga menjadi bandara pertama di Indonesia yang memiliki konsep boutique mall. Pengunjung juga diperbolehkan masuk ke dalam gedung terminal hingga area check-in.

"Yaitu perpaduan antara mal dan bandara. Ini akan menciptakan pengalaman yang unik di dalam bandara bagi para pengunjung, sekaligus sebagai upaya Angkasa Pura I dalam meningkatkan pendapatan non-aeronautika," bebernya.

Sebelumnya, Bandara Internasional Sepinggan telah mengalami over capacity. Dengan kapasitas hanya 1,7 juta penumpang per tahun. Bandara kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur ini telah melayani 7,1 juta penumpang di tahun 2013. Tumbuh 16 persen dibanding tahun 2012 yang berjumlah 6,4 juta penumpang.

BALIKPAPAN – PT Angkasa Pura I, mulai hari ini resmi mengoperasikan terminal baru Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan. Operation Director

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News