Bandara Soetta Bakal Tambah Satu Landasan Pacu

Bandara Soetta Bakal Tambah Satu Landasan Pacu
Bandara Soetta Bakal Tambah Satu Landasan Pacu
TANGERANG - Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mulai tahun depan bakal direnovasi besar-besaran. Dengan kucuran dana Rp 11,7 triliun, bandara itu akan ditambah satu landasan pacu dan satu terminal sehingga bisa melayani 65 juta penumpang per tahun.

Direktur Angkasa Pura II Tri S Sunoko mengatakan, tiga terminal dan dua landasan pacu di bandara saat ini sudah tidak mampu melayani 44 juta penumpang, karena kapasitasnya dirancang hanya untuk 22 juta penumpang. Soetta kini menempati posisi ke-16 sebagai bandara paling sibuk se-dunia. "Pembenahan akan dilakukan selama tiga tahun mulai 2012," katanya.

Bandara Soetta nantinya akan memiliki empat terminal yang berbentuk melingkar (circular) menyatu, menggantikan bentuk landscape airside dan landscape yang kurang nyaman melayani pergerakan penumpang seperti kondisi saat ini. Dengan bentuk melingkar, kendaraan antar jemput penumpang akan dipaksa terus berjalan memutar sehingga diharapkan tidak terjadi kemacetan di dalam bandara.

Bandara juga akan memiliki sistem transportasi terintegrasi, yakni stasiun kereta api yang melayani arah Jakarta dan Tangerang. Untuk menghindari antrean saat check in atau pelayanan boarding pass, bandara Soetta nantinya akan memiliki sistem automated border passage (pemeriksaan otomatis), centralized check-in, self service check in kiosk (mesin check-in otomatis), baggage handling system (sistem pelayanan bagasi), dan airport smart card. "Kami yakin Bandara Soetta akan menjadi bandara nomor sepuluh dunia tiga tahun lagi," katanya.

TANGERANG - Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mulai tahun depan bakal direnovasi besar-besaran. Dengan kucuran dana Rp 11,7 triliun, bandara itu akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News