Bang Adi: Masuknya Sandiaga di Kabinet Melengkapi Rekonsiliasi Politik

Bang Adi: Masuknya Sandiaga di Kabinet Melengkapi Rekonsiliasi Politik
Sandiaga Uno. Foto: Aristo Setiawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyampaikan analisis terkait pergantian menteri yang diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (22/12) ini.

Analisis pertama, Adi menilai positif masuknya nama Sandiaga Salahuddin Uno atau Sandi di kabinet Indonesia Maju. 

Menurut dia, penunjukkan Sandi sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif era Jokowi, menunjukkan rekonsiliasi politik tingkat elite sudah selesai.

Diketahui Sandi ialah rival Jokowi saat Pilpres 2019. Kala itu, Sandi menjadi cawapres mendampingi Prabowo Subianto yang menjadi capres. Seperti Sandi, Prabowo kini menjabat Menteri Pertahanan era Jokowi.

"Masuknya Sandi melengkapi rekonsiliasi politik sesungguhnya cebong kampret. Ini resuffle yang mantab rekonsiliatif," ujar Adi dalam pesan singkatnya kepada jpnn, Selasa (22/12).

Selanjutnya, kata Adi, menarik melihat penunjukkan Ketua Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi. Terlebih lagi, Yaqut selama ini dikenal berseberangan dengan Front Pembela Islam (FPI).

"Menariknya lagi, bos Ansor jadi Menag. Ini akan menjadi head to head menteri agama versus FPI," ujar dia.

Analisis berikutnya, pergantian menteri oleh Jokowi kali ini ialah solusi terbaik bagi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Gerindra. Sebab, kata Adi, jatah kedua partai itu di kursi menteri tidak berkurang dalam momen pergantian menteri kali ini.

Penunjukkan Sandiaga sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif era Jokowi, menunjukkan rekonsiliasi politik tingkat elite sudah selesai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News