Bang Ara Ajak Mahasiswa Tempa Diri dengan Kewirausahaan

Bang Ara Ajak Mahasiswa Tempa Diri dengan Kewirausahaan
Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait saat menjadi pembicara diskusi bertema 'Pancasila, Generasi Muda dan Ekonomi Kreatif' di GOR UIN Sumut, Medan, Sabtu (25/11). Foto: RMO/JPG

jpnn.com, MEDAN - Politikus muda PDI Perjuangan Maruarar Sirait menyemangati ratusan mahasiswa Univeritas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara agar terus mengasih diri sehingga pintar membaca peluang. Menurutnya, kepandaian membaca peluang akan membentuk jiwa kewirausahaan.

Maruarar menyampaikan itu ketika hadir dalam diskusi publik bertema Pancasila, Generasi Muda dan Ekonomi Kreatif di GOR UIN Sumut, Medan, Sabtu (25/11). Ara -panggilan kondangnya- menuturkan, kiprahnya saat ini di bisnis tak terlepas dari kerja keras dan menggembleng diri sejak dini.

Anggota Komisi XI DPR yang juga ketua umum Taruna Merah Putih (TMP) itu sudah memulai usaha kecil-kecilan saat masih duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA). Minatn pada kewirausahaan juga berlanjut saat Ara berkuliah di Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung.

"Sejak kelas dua SMA saya sudah menjadi pengusaha kecil-kecilan. Saya berjualan bawang dan ayam. Dan pada saat kuliah saya juga bisnis kafe kecil-kecilan di Bandung," tuturnya.

Selain Ara, sejumlah narasumber juga menjadi pembicara dalam diskusi itu. Antara lain Yanes David Sidabutar yang juga pendiri Sopo Helios & Toba Odyssey, Ketua Pusat Kajian Kepemudaan dan Kewirausahaan FISIP Universitas Sumatera Utara (USU) Faisal Andi Mahrawa, serta pengusaha muda Anggi R Lubis.

Selain mengajak mahasiswa menempa diri dengan kewirausahaan, Ara juga mengingatkan akan pentingnya berpikir visioner. Sebab, berpikir visioner berarti berpandangan jauh tentang masa depan.

"Pemuda jangan berpikir kalau ada masalah. Tapi berpikir jauh ke depan untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang tidak diharapkan," katanya.(ysa/rmo/jpg)


Pemuda dan mahasiswa yang mau sukses di bidang usaha dan bisnis harus pintar-pintar membaca peluang. Untuk itu, jiwa kewirausahaan harus ditempat sejak dini.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News