Bang Azis Syamsuddin Kunjungi Danau Toba, Ingin Pariwisata Segera Bangkit

Bang Azis Syamsuddin Kunjungi Danau Toba, Ingin Pariwisata Segera Bangkit
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin saat meninjau destinasi wisata Danau Toba, Selasa (2/2). Foto: Humas DPR RI.

jpnn.com, DANAU TOBA - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin bersama Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mengunjungi destinasi wisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir pada Selasa (2/2).

Destinasi wisata yang merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tersebut ikut terdampak oleh pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung hampir setahun. 

Bang Azis mengatakan bahwa dampak pandemi bagi sektor pariwisata di sekitar Danau Toba sangat berimbas dan berpengaruh signifikan terhadap penurunan pendapatan para pelaku UMKM maupun masyarakat.

"Saya bersama Wagub Sumut dan anggota Golkar ingin melihat secara langsung kondisi masyarakat sekitar untuk dapat memberikan optimisme, dan mendengar secara langsung keluhan masyarakat sekitar," kata Azis Syamsuddin di Danau Toba. 

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu menjelaskan bahwa pariwisata merupakan penyumbang devisa negara yang cukup besar. Karena itu pemerintah dan bersama masyarakat harus dapat kembali membangkitkan sektor ini di tengah pandemi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kita harapkan seluruh pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten dan stakeholder dapat saling sinergi untuk kembali membangkitkan pariwisata di Danau Toba yang telah terkenal di seluruh penjuru dunia demi terciptanya pemulihan ekonomi," tutur politikus asal Lampung itu.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah mengatakan bahwa kedepan pemerintah provinsi akan terus berusaha membangkitkan sektor pariwisata dan UMKM di wilayah Danau Toba dan Pulau Samosir dengan langkah awal membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.

"Nantinya kita akan membuat sekolah pariwisata di Danau Toba dan melakukan pelatihan serta pendampingan terhadap para pelaku usaha serta masyarakat sekitar, mengenai pemasaran dengan mengikuti perkembangan teknologi memberikan dan terus melakukan perbaikan sarana dan prasarana yang memadai," jelasnya.

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin berharap sektor pariwisata Sumut bisa segera bangkit meski di tengah pandemi COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News