Bang Saleh Teringat Pesan Buya Syafii Soal Membumikan Pemikiran Hamka

Bang Saleh Teringat Pesan Buya Syafii Soal Membumikan Pemikiran Hamka
Saleh Partaonan Daulay mengenang pesan Buya Syafii Maarif. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengaku teringat permintaan Buya Syafii Maarif kepadanya sebelum mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu meninggal dunia di Yogyakarta, Jumat (27/5) pagi.

Menurut Saleh, Buya Syafii meminta dirinya membeli buku 'HAMKA & ISLAM: Reformasi Kosmopolitan di Dunia Melayu'. 

Mantan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah itu mengatakan Buya Syafii ingin agar dirinya bisa membumikan profil Hamka dalam politik dan kehidupan sosial. 

"Itulah Buya. Tidak pernah lupa pada kami. Selalu tulus memberi nasihat," kata Saleh melalui keterangan persnya, Jumat (27/5).

Anggota Komisi IX DPR RI itu juga teringat Buya Syafii pernah mengingatkan dirinya tidak mudah berpindah partai seperti para politikus lain.

"Kalau pindah-pindah, itu menandakan sikap pragmatisme yang tidak berujung," ungkap Saleh mengenang pesan Buya Syafii.

Dia juga mengatakan Buya Syafii adalah sosok yang sangat mencintai Indonesia dengan berbagai masalah yang harus diselesaikan seperti ketimpangan dan konflik sosial.

"Indonesia harus menjadi rumah bagi semua. Tidak boleh ada diskriminasi. Tidak boleh ada yang ditinggalkan. Semua harus diperlakukan sama, setara, dan adil," kata Saleh kembali mengenang pesan Buya Syafii.

Saleh mengatakan Buya Syafii ingin agar dirinya bisa membumikan profil Hamka dalam politik dan kehidupan sosial. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News