Bangga Masuk Daftar Perguruan Tinggi Terbaik 2018

Bangga Masuk Daftar Perguruan Tinggi Terbaik 2018
Mahasiswa Universitas Brawijaya. Ilustrasi Foto: Radar Malang/dok.JPNN.com

jpnn.com, MALANG - Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) masuk daftar peringkat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik versi Kemenristekdikti tahun 2018. UB menempati urutan ke-12 dan UM ke-14.

Rektor UM Prof. Dr. AH Rofi'uddin MPd mengatakan, prestasi tersebut didapatkan atas kerjasama semua civitas akademisi UM. Baik dari kalangan karyawan, dosen dan mahasiswa. ”Apa yang kami dapatkan itu, berkat kerjasama semua pihak di UM,” kata guru besar Fakultas Sastra itu.

Perlu diketahui, ada beberapa poin yang masuk dalam penilaian Kemenristekdikti tersebut. Di antaranya, kualitas SDM (sumber daya manusia), kualitas kelembagaan, kualitas kegiatan mahasiswa, kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat dan kualitas inovasi.

Sedangkan klaster I berjumlah 14 perguruan tinggi, klaster II berjumlah 72 perguruan tinggi, klaster III berjumlah 299 perguruan tinggi, klaster IV berjumlah 1.470 perguruan tinggi dan klaster V berjumlah 155 perguruan tinggi.

Rofi'uddin menambahkan, ada beberapa hal yang dilakukan sehingga meraih prestasi tersebut. Di antaranya, peningkatan kualitas SDM, prestasi mahasiswa dan peningkatan kualitas input mahasiswa.

”Tiap tahun, kami selalu berperan aktif untuk menjaring maba (mahasiswa baru) berprestasi di berbagai bidang,” imbuhnya.

Tak hanya itu, masih kata dia, tahun ini juga ada dua mahasiswa UM yang berlaga di Asian Games Jakarta-Palembang. Semuanya dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UM. ” Mudah-mudahan bisa kasih yang terbaik untuk Indonesia,” terang mantan WR II UM ini.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga terus menggalakkan riset di kalangan dosen dan mahasiswa. Bahkan, hibah riset UM tahun ini mencapai sekitar Rp 40 miliar. ”Di bidang riset kami juga terus mendorong dosen dan mahasiswa,” ungkapnya.

Ada 14 kampus yang masuk daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di klaster pertama, termasuk Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News