Banggar DPR: Belanja Pemerintah Harus Mampu Mendorong Pemulihan Ekonomi

Banggar DPR: Belanja Pemerintah Harus Mampu Mendorong Pemulihan Ekonomi
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI MH Said Abdullah (kiri). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Banggar (Banggar) DPR RI MH Said Abdullah menginginkan agar belanja Pemerintah pusat harus mampu mendorong secara efektif keberhasilan penanganan Covid-19 serta mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

“Hal ini penting guna mempersempit ruang terjadinya kerawanan sosial,” kata Said dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (3/6).

Oleh karena itu, menurut Said, ada beberapa prioritas belanja yang dilakukan Pemerintah harus mampu mencapai sasaran yang tepat.

Salah satunya, dengan memperkuat alokasi anggaran perlindungan sosial yang sesuai dengan kebutuhan pemulihan ekonomi nasional tahun 2022.

Menurut politikus senior PDI Perjuangan ini, prioritas belanja pemerintah juga harus mengarah pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, mutu pendidikan, memperkuat ketahanan pangan, menghidupkan kembali sektor pariwisata, pembangunan infrastruktur yang tertunda, mendorong dunia usaha dan membantu sektor UMKM untuk segera bangkit.

“Semua alokasi anggaran pemerintah pusat tersebut, harus berbasis kepada output, outcome dan hasil yang terukur dengan baik (result based),” kata Said.

Selain itu, lanjut Said, rencana Pemerintah untuk melakukan penguatan kualitas hubungan keuangan pusat dan daerah perlu dilakukan dengan hati-hati.

Hal ini penting agar jangan sampai menimbulkan permasalahan baru bagi daerah.

Ketua Banggar DPR RI MH Said Abdullah menginginkan agar belanja Pemerintah pusat harus mampu mendorong secara efektif keberhasilan penanganan Covid-19 serta mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News