Bangun Pabrik Baru, Semen Indonesia Gelontorkan Dana Rp 3,25 Triliun

Bangun Pabrik Baru, Semen Indonesia Gelontorkan Dana Rp 3,25 Triliun
Bangun Pabrik Baru, Semen Indonesia Gelontorkan Dana Rp 3,25 Triliun

jpnn.com - PADANG - PT Semen Indonesia, melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) proyek Indarung VI PT Semen Padang di Sumatera Barat, Senin (26/5).

Hadir melakukan peletakkan batu pertama, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Direktur Utama PT Semen Indonesia Dwi Soetjipto, serta Direktur Utama PT Semen Padang Munadi Arifin.

"Ground breaking ini menandai dimulainya pembangunan fisik proyek pabrik senilai Rp 3,25 triliun dengan masa konstruksi ditargetkan selama 30 bulan sampai dengan mechanical completion. Ditargetkan selesai pada semester dua tahun 2016," ungkap Dwi melalui keterangan tertulisnya, Senin (26/5).

Pembangunan pabrik Indarung VI ini, kata Dwi, didasari pada kebutuhan pasar semen di wilayah Sumatera dan Jawa bagian Barat yang terus berkembang pesat.

Di wilayah Sumatera, pertumbuhan kebutuhan semen mencapai 1,5 persen pertahun. Sedangkan utilisasi Semen Padang sudah hampir mencapai 100 persen. Saat ini peningkatan semen nasional tiap tahunnya mencapai 6 persen.

Jika tidak ada penambahan kapasitas, maka market share Semen Padang akan mengalami penurunan. Karenanya, pembangunan pabrik Indarung VI ini sangat diperlukan.

Nantinya, lanjut Dwi, setelah pabrik Indarung VI berkapasitas 3 juta ton ini beroperasi, maka kapasitas produksi Semen Padang akan meningkat menjadi 10,5 juta ton semen per tahun dari kapasitas sebelumnya, yakni sebesar 7,5 juta ton.

"Dengan tambahan kapasitas ini diharapkan Semen Padang menjadi leader di wilayah Sumatera dan sebagian Pulau Jawa leluasa untuk mengembangkan pemasaran ke area baru," tandas Dwi. (chi/jpnn)


PADANG - PT Semen Indonesia, melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) proyek Indarung VI PT Semen Padang di Sumatera Barat, Senin (26/5).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News