Bangun Patung Tokoh Nasional dari Perkakas Bekas Petani

Tinggi Patung Sardar Patel Bakal Kalahkan Liberty

Bangun Patung Tokoh Nasional dari Perkakas Bekas Petani
Bangun Patung Tokoh Nasional dari Perkakas Bekas Petani

jpnn.com - MUMBAI - India bakal membangun patung tertinggi di dunia, mengalahkan patung Liberty di Amerika Serikat. Patung yang akan dibangun di negara bagian Gujarat itu akan merefleksikan penghormatan bagi Sardar Patel, Menteri Dalam Negeri pertama di India setelah merdeka dari Inggris.

Peletakan batu pertama patung tokoh nasional India tersebut dilakukan hari ini di negara bagian Gujarat. Dengan tinggi 182 meter, nantinya akan menjadi patung tertinggi di dunia.

Menurut lamat gmanetwork, Kamis, (31/10), patung itu akan berukuran dua kali tinggi patung Liberty di AS dan lebih dari empat kali tinggi patung Yesus di Rio de Janeiro, Brasil. Bahan-bahannya akan dibuat dari logam cor dan perkakas pertanian.

Patel memang dikenal dengan sebutan "Manusia Besi". Peresmian konstruksi awal pembangunan patung tersebut hari ini disesuaikan dengan tanggal kelahirannya. Sosok Patel sangat populer di Gujarat, hingga patungnya banyak ditemui di negara bagian di barat India itu.

Pemimpin oposisi yang juga calon perdana menteri dari Partai Bharatiya Janata (BJP),  Narendra Modi, menyerukan agar petani setempat menyumbangkan satu perkakas besinya untuk pembangunan "Patung Persatuan" ini. "Saya berharap ada sebongkah besi dari desa-desa Anda," kata Modi bulan Juni lalu saat merilis proyek besar ini.

Bukan sembarang besi, tapi besi yang berasal dari alat yang sudah dipakai untuk bertani. Upaya pengumpulan perkakas sumbangan ini akan dimulai oleh pejabat setempat terhadap 700 ribu desa di negara bagian itu setelah Modi meletakkan batu pertamanya di Kevadia, sekitar 170 kilometer dari kota terbesar Gujarat, Ahmedabad.

Total anggaran pembangunan monumen ini diperkirakan mencapai INR (Indian Rupee) 25 miliar atau sekitar Rp 4,5 triliun (kurs INR = Rp 180, red). Dananya berasal dari sumber publik serta donasi swasta.

Sedangkan perkakas besi yang sudah dikumpulkan akan dilebur dan dipakai sebagai bahan baku pembuatan patung yang konstruksinya dikerjakan oleh Turner Construction, perusahaan yang sukses membangun gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa di Dubai. Untuk mendapatkan perusahaan yang mampu membuat patung dengan kualitas yang diharapkan ini, pemerintah negara bagian Gujarat menggelar tender terbuka secara internasional pada 2011.(esy/jpnn)

MUMBAI - India bakal membangun patung tertinggi di dunia, mengalahkan patung Liberty di Amerika Serikat. Patung yang akan dibangun di negara bagian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News