Bangunan Puskesmas Roboh, Anak Buah AKBP Wirdhanto Lakukan Penyelidikan

Bangunan Puskesmas Roboh, Anak Buah AKBP Wirdhanto Lakukan Penyelidikan
Petugas melakukan pemeriksaan kondisi bangunan Puskesmas Mekarmukti, Kabupaten Garut yang roboh setelah diterjang longsoran tanah tebing. ANTARA/HO-Polres Garut

jpnn.com, GARUT - Bangunan tembok Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Mekarmukti Kabupaten Garut, Jawa Barat, roboh, Jumat (17/12).

Tim Inspektorat Kabupaten Garut melakukan pemeriksaan untuk mencari tahu ada atau tidaknya pelanggaran dalam pelaksanaan pembangunan tersebut.

"Inspektorat membentuk tim dan berangkat ke Mekarmukti," kata Inspektur Inspektorat Kabupaten Garut Zat Zat Munajat di Garut, Senin.

Dia menuturkan bahwa tim sedang melakukan penelusuran terkait dengan robohnya tembok bangunan bagian belakang Puskemas Mekarmukti akibat longsoran tebing.

"Kami menelusuri ke sana, ke lokasi, termasuk koordinasi dengan dinas kesehatan," katanya.

Dia mengatakan bahwa koordinasi dengan Dinas Kesehatan Garut untuk mendapatkan fakta dari dokumen anggaran dan rencana pembangunan puskesmas yang dibangun pada tahun 2014.

Upaya pencarian itu, kata dia, untuk mengetahui ada atau tidaknya kelalaian dari jajaran pejabat pembuat komitmen, pengawas, maupun dari pihak pemborong dalam pelaksanaan pembangunan puskesmas tersebut.

"Ini sebagai pembelajaran supaya tidak terulang apakah ada faktor kelalaian dari internal atau eksternal," katanya.

Ada kelalaian dari pihak pemborong saat membangun puskesmas yang roboh? Polisi turun tangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News