Banjir Bandang Terjang Labuhan Batu Utara dan Labuhan Batu

Banjir Bandang Terjang Labuhan Batu Utara dan Labuhan Batu
Banjir bandang (Ilustrasi). Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas/af/foc.

jpnn.com, MEDAN - Labuhan Batu dan Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara diterjang banjir bandang, Minggu (29/12) dini hari. Informasi disampaikan juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo, setelah menerima laporan dari Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumatera Utara Riadhil A. Lubis.

"Dilaporkan, telah terjadi banjir bandang di Dusun Siria Ria, Desa Pematang, Kecamatan Na IX-X, Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara," ujar Riadhil.

Menurut Agus, hujan dengan intensitas deras menyebabkan meluapnya sungai Lubuk Natiko dan Sungai Siria-Ria. Luapan air membawa material kayu dan batu dari arah hulu sekitar pukul 01.30 WIB, Minggu dini hari.

"Riadhil mengatakan, tim BPBD dan instansi terkait sudah turun ke lapangan untuk melakukan kajian cepat dan pertolongan pertama," ucapnya.

Data sementara menyebutkan tiga rumah hanyut, jembatan penghubung Dusun Padang Nabidang menuju Dusun Siria-ria terputus total, bahkan akses untuk berjalan tidak bisa di tempuh menuju Dusun siria-ria. Dibutuhkan alat berat untuk membersihkan material batu dan kayu.

Aliran banjir juga menyebabkan banjir di Kabupaten Labuhan Batu yaitu di Dusun Aek Pala, Desa Janji. Rumah warga sebanyak 11 unit terendam air. BPBD Labuhan Batu sudah turun ke lapangan untuk membantu warga.(gir/jpnn)

Hujan dengan intensitas deras menyebabkan meluapnya sungai Lubuk Natiko dan Sungai Siria-Ria. Luapan air membawa material kayu dan batu dari arah hulu sekitar pukul 01.30 WIB, Minggu dini hari.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News