Banjir Besar di Tebing Tinggi Sumut Meluas ke 13 Kelurahan

Banjir Besar di Tebing Tinggi Sumut Meluas ke 13 Kelurahan
Banjir di Kota Tebing Tinggi, Sumut, meluas. Ilustrasi Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

jpnn.com, MEDAN - Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara (Sumut), hingga kini meluas ke 13 kelurahan di lima Kecamatan.

Banjir yang berlangsung sejak Minggu (21/11) ini diperkirakan masih akan terjadi hingga Selasa (23/11).

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan banjir ini mengakibatkan sebanyak 3.686 rumah terdampak. Ketinggian air diperkirakan mencapai 20 sentimeter hingga 100 sentimeter.

"Peluang hujan dengan intesitas tersebut masih mungkin terjadi pada Selasa esok. Potensi banjir susulan perlu diwaspadai oleh pemerintah daerah dan masyarakat setempat," ujar Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/11).

Dia menyebutkan banjir tersebut terjadi setelah hujan dengan intesitas tinggi mengguyur kawasan kota.

Selain itu, banjir juga diakibatkan air kiriman dari Kabupaten Serdang Bedagai yang menyebabkan debit air Sungai Padang dan Bahilang meluap.

Merespons peristiwa ini, BPBD Kota Tebing Tinggi bersama dengan TNI, Polri, dinas terkait maupun sukarelawan masih bersiaga di wilayah terdampak.

Petugas juga sudah bersiaga jika harus melakukan evakuasi warga menuju ke tempat yang aman.

Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kota Tebing Tinggi, Sumut, hingga kini meluas ke 13 kelurahan di lima kecamatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News