Banjir di Daerah Ini Meluas, Jalan Dua Desa Lumpuh

Banjir di Daerah Ini Meluas, Jalan Dua Desa Lumpuh
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Aceh Utara Amir Hamzah meninjau banjir di gampong Lawang, Matangkuli, Selasa (12/11). Foto: Zubir/Antara

jpnn.com, ACEH UTARA - Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, akibat meluapnya sungai kawasan tersebut sudah meluas. Bahkan, jalan dua desa di Kecamatan Matangkuli lumpuh total, Selasa (12/11).

"Jalan di gampong kami (Desa Siren) dan Lawang lumpuh total, tidak bisa dilintasi kendaraan karena ketinggian air sudah sepinggang orang dewasa di atas badan jalan," kata Bustanul Hakiki, Ketua Pemuda Siren, Kecamatan Matangkuli di lokasi banjir.

Dikatakan, saat ini warga yang ingin ke pusat kecamatan untuk berbagai keperluan harus mengarungi banjir dengan berjalan kaki. Meski demikian, belum ada masyarakat yang mengungsi.

Sementara, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara Amir Hamzah ditemui di lokasi menyebutkan, bahwa ketinggian air saat ini bervariasi antara 50 centimeter hingga 1 meter.

"Banjir meluas hingga ke sejumlah gampong di Kecamatan Pirak Timu, seperti Rayeuk Pange, Teupin Ue, Leupe, Gampong Krueng dan Meunye Tujoh, kami juga terus melakukan pendataan ini," kata Amir Hamzah.

Pihaknya juga sudah memerintahkan untuk membawa dua unit speed boat diturunkan ke lokasi, karena ada salah satu warga lanjut usia di Gampong Lawang, Kecamatan Matangkuli yang harus dievakuasi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, karena rumahnya berdekatan dengan sungai.

"Saat ini belum ada warga yang mengungsi tetapi ada satu warga lanjut usia yang harus dievakuasi guna menghindari hal yang tidak diinginkan," sebutnya.

Amir Hamzah mengatakan, saat ini banjir di permukiman penduduk di kawasan Matangkuli dan Pirak Timu terus bertambah, akibat meluapnya sungai Pirak dan sungai Keureuto.

Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Utara akibat meluapnya sungai di kawasan tersebut sudah meluas dan membuat jalan dua desa lumpuh total.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News