Banjir di Kabupaten Bandung Rendam 3.744 Rumah, 4 Sekolah, 17 Tempat Ibadah

Banjir di Kabupaten Bandung Rendam 3.744 Rumah, 4 Sekolah, 17 Tempat Ibadah
Banjir yang melanda Kampung Bojongasih, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/1/2020). Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

jpnn.com, BANDUNG - Banjir yang menerjang lima kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat sejak Kamis (23/1), telah menyebabkan 3.744 unit rumah, empat sekolah dan 17 tempat ibadah terendam air.

"Perkembangan terbaru hingga tanggal 24 Januari 2020 pukul 11 malam, kerugian materil banjir di Kabupaten Bandung ialah berupa 3.744 rumah terendam, empat sekolah terendam dan 17 tempat ibadah terendam," kata kata Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu di Bandung, Sabtu (25/1).

Dia mengatakan, banjir yang menerjang Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Rancaekek dan Kecamatan Majalaya menyebabkan 225 jiwa mengungsi ke tempat yang lebih aman dan 18.636 warga terdampak banjir tersebut.

Adapun ketinggian air di beberapa titik antara 10 cm hingga 1,7 meter.

"Untuk kondisi terkini tinggi muka air mengalami kenaikan sekitar 20 hingga 40 cm di beberapa lokasi dan Jalan Andir-Katapang masih tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan empat," kata dia.

BPBD Provinsi Jawa Barat, lanjut Budi, juga telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung melalui Call Center (022) 85872591 terkait dengan kejadian banjir.

"Kami juga masih mematau ketinggian tinggi muka air (TMA), lalu ada tim BPBD yang bersiaga di Posko Baleendah sebanyak 10 personil yang dipimpin oleh Kasi Logistik," kata dia.

"Kemudian ada petugas Pusdalops yang bersiaga sebanyak lima orang dan di shelter pengusian Dayeuhkolot ada petugas yang bersiaga sebanyak tiga orang," kata dia. (antara/jpnn)

BPBD Provinsi Jabar mencatat banjir di lima kecamatan Kabupaten Bandung menyebabkan 3.744 rumah, empat sekolah dan 17 tempat ibadah terendam air.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News