Banjir Lahar Ancam Sejumlah Sungai

Banjir Lahar Ancam Sejumlah Sungai
Banjir Lahar Ancam Sejumlah Sungai
MEDAN -- Letusan Gunung Sinabung di Kecamatan Naman Terang, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (29/8) dini hari, ternyata mempunyai efek lain, di samping hujan debu vulkanik yang bisa menimbulkan Inspeksi Saluran Pernafasan Atas (Ispa). 

 

"Ada efek sekunder dari letusan Gunung Sinabung ini, yaitu banjir lahar yang sewaktu-waktu bisa muncul pada sejumlah sungai yang mempunyai hulu dari kawasan tersebut," ucap Kepala Tim Vulkanologi asal Bandung, Surono dari lokasi kejadian, Minggu sore. 

 

Menurut Surono, kemungkinan munculnya ancaman banjir lahar pada sejumlah sungai yang memiliki hulu ke Gunung Sinabung, semakin menguat di saat curah hujan tinggi seperti saat ini.

 

Banjir lahar pada sungai tidak akan memunculkan ancaman yang cukup serius, apabila DAS (daerah aliran sungai) tersebut tidak dihuni manusia. "Jadi, yang perlu waspada bukan sungainya, melainkan orang yang tinggal di DAS," ungkap Surono.

 

MEDAN -- Letusan Gunung Sinabung di Kecamatan Naman Terang, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (29/8) dini hari, ternyata mempunyai efek lain,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News