Banjir Melanda Riau, Irjen Iqbal Perintahkan Jajarannya Segera Menolong Rakyat

Banjir Melanda Riau, Irjen Iqbal Perintahkan Jajarannya Segera Menolong Rakyat
Personel Polda Riau berada di lokasi membantu masyarakat yang terdampak banjir di Bengkalis, Kamis (30/11). Foto: Humas Polda Riau

jpnn.com, RIAU - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengerahkan anggotanya untuk menolong masyarakat yang terdampak banjir di daerah hukumnya.

Hal ini menyusul hujan yang telah berlangsung sejak beberapa waktu lalu menyebabkan banjir di beberapa daerah di Riau.

Iqbal mengatakan jauh hari sebelum adanya penetapan status siaga darurat, dirinya telah meminta langsung jajarannya agar dapat siaga dengan segala bentuk potensi bencana alam seiring dengan masuknya musim penghujan.

"Awal-awal masuk musim penghujan saya sudah langsung perintahkan agar Personel siaga. Apabila ada masyarakat yang terdampak, saya perintahkan langsung ke lokasi. Bantu masyarakat dengan segala kemampuan yang kita punya," kata Irjen Iqbal, Kamis (30/11).

Iqbal juga menekankan jajaran dapat gerak cepat. Anggota sebisanya turun ke lapangan membantu masyarakat meski dengan peralatan seadanya. Yang terpenting tetap utamakan keselamatan diri ketika hendak melakukan evakuasi.

"Bantu masyarakat untuk segera bisa dievakuasi. Dirikan tenda dan dapur umum. Lakukan sinegisitas dengan seluruh perangkat, TNI, pemerintah kecamatan, desa. Jangan sampai ada jatuh korban," tegasnya.

Eks Kapolda NTB itu juga meminta jajaran melakukan imbauan kepada masyarakat apabila curah hujan yang turun sangat tinggi. Serta tetap waspada, dengan segala bentuk potensi bencana. Apalagi di wilayah yang termasuk rawan. Seperti daerah dekat sungai dan tebing.

"Pesan saya, yang terpenting keselamatan diri juga tetap diutamakan. Jangan lupa berdoa. Insyaallah niat kami, Polda Riau untuk membantu masyarakat yang kesulitan akibat banjir dimudahkan oleh Allah," pungkas Irjen Iqbal.

Irjen Iqbal menekankan jajaran dapat gerak cepat dan sebisanya turun ke lapangan membantu masyarakat meski dengan peralatan seadanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News