Banjir Merendam Puluhan Rumah Warga di Pedalaman Aceh Barat

Banjir Merendam Puluhan Rumah Warga di Pedalaman Aceh Barat
Kondisi rumah warga di Desa Seumantok, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, terancam amblas ke sungai akibat erosi dan sering menyebabkan banjir air sungai meluap, Sabtu (6/5/2023). (ANTARA/HO)

jpnn.com - MEULABOHBanjir akibat hujan lebat merendam puluhan rumah warga di Desa Seumantok, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

“Ada sekitar 41 kepala keluarga yang terdampak banjir luapan air sungai,” kata Camat Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Zulkarnain, kepada ANTARA, Sabtu (6/5), di Meulaboh.

Menurutnya, persoalan banjir yang dialami masyarakat di Desa Seumantok, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, selama ini telah sering terjadi, khususnya saat hujan lebat.

Dia mengatakan dalam sepekan ini saja telah dua kali puluhan rumah warga di kawasan tersebut terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 50 sentimeter di atas badan jalan.

Zulkarnain menyebutkan penyebab banjir karena tebing sungai di kawasan tersebut terus digerus erosi, sehingga mengancam rumah dan permukiman masyarakat.

Dia mengatakan selain persoalan banjir, pihaknya mengharapkan supaya masalah terjangan erosi di Desa Seumantok, Kecamatan Pante Ceureumenl, dapat segera diatasi pihak terkait.

Dia berharap sepanjang 100 meter tebing sungai di kawasan tersebut segera ditangani dengan batu bronjong, sehingga erosi tidak lagi terjadi.

“Persoalan banjir dan erosi ini telah sering dirasakan masyarakat, kami berharap segera ada penanganan serius dari pihak terkait,” kata Camat Zulkarnain mengharapkan.

Banjir akibat hujan lebat merendam puluhan rumah warga di Desa Seumantok, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News