Banjir Sangatta, Irwan Minta Pemerintah Pusat Turun Tangan

Banjir Sangatta, Irwan Minta Pemerintah Pusat Turun Tangan
Tim dari DPD Demokrat Kaltim melakukan evakuasi terhadap warga korban banjir Sangatta, Kutim. Foto: Demokrat Kaltim

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR RI Irwan meminta pemerintah pusat memberi perhatian terhadap musibah banjir yang melanda wilayah Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur (Kaltim).

Irwan menilai Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) tampak kewalahan dalam menangani korban banjir Sangatta. Saat ini ribuan warga pun masih mengungsi.

Dia juga menyoroti kurangnya kesiapsiagaan pemda dalam menangani musibah tersebut. Hal itu terlihat dari banyaknya posko mandiri yang didirikan secara swadaya oleh masyarakat.

"Proses evakuasi warga pun masih belum merata. Warga harus menggunakan ketinting atau perahu milik warga lainnya untuk kebutuhan evakuasi," ujar Irwan melalui keterangan di Jakarta, Rabu (23/30.

Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim itu menyebut ketidaksiapan Pemkab Kutim dalam menangani bencana banjir tidak terlepas dari faktor pendanaan dalam APBD. Sebab, dana tak terduga tidak cukup untuk penanganan bencana tersebut.

“Karena itu saya meminta pemerintah pusat, Presiden Jokowi melalui kementerian dan badan terkait bencana bisa segera membantu rakyat Kutim yang sedang dilanda musibah," ujar Politikus Senayan asli Sangkulirang itu.

Sejauh ini, Irwan mengeklaim telah menggerakkan kader parpolnya untuk membantu korban banjir di Sangatta, Kutim.

Dia menyebut DPD Partai Demokrat (PD) Kaltim telah mendirikan posko peduli banjir di Sekretariat DPC PD Kutai Timur.

Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho meminta pemerintah pusat mengerahkan bantuan untuk korban banjir di Sangatta, Kaltim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News