Banjir Setinggi 1 Meter Menerjang Ratusan Rumah di Sukanagara-Cianjur

Banjir Setinggi 1 Meter Menerjang Ratusan Rumah di Sukanagara-Cianjur
Perkampungan warga di Desa Sunagakara, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terendam banjir akibat Sungai Cibala meluap, Jumat (16/12/2022). (FOTO ANTARA/Ahmad Fikri)

jpnn.com, CIANJUR - Banjir setinggi satu meter akibat meluapnya Sungai Cibala menerjang ratusan rumah di lima desa di Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (16/12).

Banjir menyebabkan akses menuju wilayah selatan atau Cianjur terputus sementara.

Camat Sukanagara Robby Erlangga mengatakan pihaknya masih melakukan pendataan berapa total rumah yang terendam banjir di lima desa, Sukanagara, Sukamekar, Sukalaksana, Sukarame, dan Desa Gunungsari.

"Kami masih melakukan pendataan, namun laporan sementara lebih dari 200 rumah yang terendam banjir bandang akibat sungai meluap. Ini merupakan banjir terparah meski sebelumnya sempat terjadi namun tidak separah kali ini," katanya saat dihubungi, Jumat petang.

Dia menjelaskan sebelumnya hujan turun deras dengan intensitas lebih dari 2 jam, menjelang petang air sungai makin tinggi dan meluap hingga merendam perkampungan yang terletak di pinggir sungai.

Air bah setinggi 1 meter meredam sebagian besar perkampungan, sehingga penghuni terpaksa diungsikan.

Pihaknya masih berkoordinasi dengan BPBD Cianjur, untuk menurunkan bantuan guna mengevakuasi warga yang masih banyak bertahan di lantai dua rumahnya karena hingga malam menjelang ketinggian air terus bertambah.

Bahkan, akibat air sungai yang terus meluap menyebabkan jalur selatan Cianjur terputus sementara.

Air bah akibat meluapnya Sungai Cibala membuat banjir setinggi satu meter menerjang ratusan rumah di Sukanagara-Cianjur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News