Dini Hari Warga Ketitang Wetan Pati Terendam Banjir

Dini Hari Warga Ketitang Wetan Pati Terendam Banjir
Sejumlah warga tengah memperbaiki tanggul Sungai Kaliombo Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang jebol sepanjang 10 meteran akibat tidak mampu menahan debit air yang meningkat menyusun terjadinya hujan dengan intensitas tinggi, Jumat (16/12/2022). (ANTARA/HO-Dok.)

jpnn.com, PATI - Akibat tidak mampu menahan debit air yang meningkat, tanggul Sungai Kaliombo, Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, jebol sepanjang 10 meter dan merendam rumah warga, Jumat.

Debit air meningkat setelah terjadinya hujan dengan intensitas tinggi di daerah setempat.

Menurut Sekretaris Desa Ketitang Wetan Ismail, jebolnya tanggul Sungai Kaliombo selebar 10 meter pada Jumat (16/12) dini hari, salah satu penyebabnya karena air dari Pegunungan Kendeng langsung turun ke bawah tanpa bisa terserap oleh pohon penghijauan karena vegetasinya yang berkurang.

Akibatnya, kata dia, debit air yang terlalu tinggi mengakibatkan tanggul sungai tidak mampu menahannya sehingga tanggulnya jebol sepanjang 10 meteran.

"Rumah warga juga terendam banjir, diperkirakan seratusan rumah lebih," kata dia di Pati.

Ketinggian genangan banjir, imbuh dia, diperkirakan antara 50 sentimeter hingga 70 cm.

Hingga saat ini, warga setempat masih berusaha membuat tanggul darurat, meski harus menerjang banjir.

Warga berharap banyaknya sejumlah titik tanggul rawan jebol menjadi perhatian baik pemerintah setempat maupun Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana.

Sedang beristirahat, warga Pati kedatangan air banjir dari aliran Sungai Kaliombo yang tanggulnya jebol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News