Banjir Surut, Rumah Warga Kampung Pulo Rusak

Banjir Surut, Rumah Warga Kampung Pulo Rusak
Banjir Surut, Rumah Warga Kampung Pulo Rusak

jpnn.com - JAKARTA - Meski banjir surut, namun tidak semua warga Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, bisa kembali ke rumah masing-masing. Ratusan warga masih ngemper di tenda-tenda pengungsian depan toko.

 

Hal ini terjadi lantaran rumah mereka rusak parah digempur banjir tiga pekan berturut-turut. Korban banjir yang menjadi homeless tersebut baru kali pertama terjadi dalam sejarah banjir akibat luapasan Kali Ciliwung.

Pemandangan memilukan itu terdapat di emperan toko Jalan Jatinegara Barat. Sedikitnya 500 an rumah di RW 02 dan RW 03 Kelurahan Kampung Melayu yang ditemukan rusak parah. Ketua RW 02 Kampung Pulo Kamaludin mengatakan, secara kasat mata ada sekitar 500 rumah yang rusak akibat banjir. Tingkat kerusakan bervariatif, ada ringan sedang hingga berat.

Ada rumah yang bagian jendela dan pintu jebol, serta hanyut terbawa banjir. Ada pula yang tembok dan atapnya jebol. Bahkan ada yang temboknya hilang akibat tergerus banjir. ”Kalau saya prediksi sih bisa lebih dari 500 rumah yang rusak. Masing-masing RT lagi mendata untuk mencatat jumlah pastinya,” ujar Kamaludin.

Kerusakan rumah akibat banjir tak hanya di RW 03. Nasib serupa dialami warga di RW 02. Tingkat kerusakannya lebih parah lagi. Warga banyak yang bertahan di tenda-tenda pengungsian di Jalan Jatinegara Barat.

Itu karena rumah mereka tak bisa ditempati lagi. Misalnya rumah Ahmad (42), warga RT 03/03, bagian tembok dan  lantainya jebol. Praktis rumah tersebut tak bisa ditempati lagi.

Ahmad bersama isteri dan tiga anaknya terpaksa bertahan di tenda pengungsian bersama warga lainnya. Tenda tersebut dipasang di depan emperan toko di Jalan Jatinegara Barat. ”Rumah saya tak bisa ditempati lagi karena sudah hancur. Ya terpaksa tidur di tenda pengungsian. Kami berharap pemerintah segera membantu agar rumah dapat diperbaiki dan dihuni lagi,” kata Ahmad.

JAKARTA - Meski banjir surut, namun tidak semua warga Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, bisa kembali ke rumah masing-masing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News