Bank BUMN Raup Laba Terbesar

Laba Bank Swasta Tumbuh Paling Tinggi

Bank BUMN Raup Laba Terbesar
Bank BUMN Raup Laba Terbesar
JAKARTA - Pantas saja, investor asing berbondong-bondong masuk ke industri perbankan di Indonesia. Pasalnya, laba yang diraup bank-bank di Indonesia memang melonjak tinggi.

Direktur Perencanaan Strategis dan Humas Bank Indonesia (BI) Dyah Makhijani mengatakan, merujuk data Statistik Perbankan Indonesia (SPI), laba industri perbankan nasional per akhir Agustus 2010 mencapai Rp 38,89 triliun, tumbuh 26,54 persen dibandingkan Agustus 2009 (year-on-year) yang sebesar Rp 30,73 triliun. "Kelompok bank BUMN meraup laba terbesar," ujarnya, Selasa (19/10).

Data BI menunjukkan, laba setelah pajak yang diraup kelompok bank pelat merah sudah menembus angka Rp 14,56 triliun, atau tumbuh 38,03 persen dibandingkan laba Agustus 2009 yang sebesar Rp 10,55 triliun.

Meski secara nominal adalah yang terbesar, namun dari sisi pertumbuhan laba, bank BUMN masih kalah dengan Bank Umum Swasta Nasional (BUSN) Devisa. Hingga Agustus 2010, laba yang diraup kelompok bank-bank swasta besar yang kini sahamnya banyak dikuasai investor asing ini mencapai Rp 14,04 triliun, melonjak tinggi dibandingkan laba per Agustus 2009 yang sebesar Rp 9,90 triliun. "Jadi, labanya tumbuh 41,76 persen," kata Dyah.

JAKARTA - Pantas saja, investor asing berbondong-bondong masuk ke industri perbankan di Indonesia. Pasalnya, laba yang diraup bank-bank di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News