Bank BUMN Tekan Bunga Kredit

Bank BUMN Tekan Bunga Kredit
Bank BUMN Tekan Bunga Kredit
JAKARTA - Peran bank-bank BUMN dalam pembangunan ekonomi bakal dioptimalkan. Kali ini, pemerintah siap mendorong optimalisasi fungsi intermediasi dengan penyaluran kredit ke sektor-sektor usaha produktif.

    

Deputi Menteri BUMN Bidang Usaha Jasa Parikesit Suprapto mengatakan, fungsi intermediasi akan didorong melalui penyaluran kredit. "Selain target kredit harus tumbuh, dari sisi suku bunga kredit kita usahakan single digit (di bawah 10 persen)," ujarnya di Kantor Kementerian BUMN akhir pekan lalu.

     

Saat ini, lanjut dia, untuk kredit korporasi yang disalurkan ke sesama BUMN, bank-bank pelat merah sudah memberikan suku bunga single digit. "Tapi, untuk kredit korporasi ke perusahaan swasta memang masih double digit," katanya.

     

Dia menyebut, penentuan suku bunga kredit terkait dengan banyak faktor. Di samping harga pokok dana kredit, margin keuntungan, dan overhead atau biaya operasional, juga memperhitungkan premi atas risiko pinjaman. "Selain bentuk sinergi, kalau sesama BUMN kan relatif aman, jadi bank berani beri bunga yang agak rendah," ucapnya.

     

JAKARTA - Peran bank-bank BUMN dalam pembangunan ekonomi bakal dioptimalkan. Kali ini, pemerintah siap mendorong optimalisasi fungsi intermediasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News