Bank Dunia Yakin Indonesia Aman dari Bubble

Bank Dunia Yakin Indonesia Aman dari Bubble
Bank Dunia Yakin Indonesia Aman dari Bubble
JAKARTA - Bubble atau gelembung ekonomi selalu menjadi momok bagi sebuah negara yang menjadi sasaran dana jangka pendek atau hot money seperti Indonesia. Namun, Bank Dunia (World Bank) menyebut, hingga saat ini,  Indonesia masih aman dari ancaman bubble.

Ekonom Senior Bank Dunia Enrique Blanco Armas mengatakan, derasnya arus modal asing yang masuk ke pasar finansial Indonesia masih sejalan dengan fundamental perekonomian Indonesia yang tumbuh cukup tinggi. "Jadi, belum akan mengakibatkan bubble," ujarnya dalam teleconference antara perwakilan Bank Dunia di Tokyo dan di Jakarta kemarin (19/10).

Sebagaimana diketahui, data Bank Indonesia (BI) menunjukkan aliran dana asing yang masuk ke pasar finansial Indonesia sepanjang Januari - September 2010 sudah mencapai Rp 115 triliun. Sekitar Rp 74 triliun diantaranya masuk ke instrumen Surat Utang Negara (SUN), sedangkan sisanya masuk ke Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan pasar modal.

Apalagi, lanjut Armas, BI selaku pemegang otoritas moneter di Indonesia sudah melakukan langkah-langkah antisipatif. Misalnya, dengan menerapkan kebijakan kenaikan Giro Wajib Minimum (GWM) perbankan. "Langkah itu efektif untuk menyerap banjir likuiditas di pasar," katanya.

JAKARTA - Bubble atau gelembung ekonomi selalu menjadi momok bagi sebuah negara yang menjadi sasaran dana jangka pendek atau hot money seperti Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News