Senin, 19 November 2018 – 18:15 WIB

Bank Sampah Jakbar Dilirik Asing

Jumat, 14 September 2018 – 18:00 WIB
Bank Sampah Jakbar Dilirik Asing - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Wilayah Jakarta Barat dinilai sudah sukses dalam pengelolaan sampah. Jakarta Barat menjadi daerah dengan jumlah bank sampah terbanyak.

Jakbar memiliki bank sampah unit mencapai 775 unit. Kesuksesan Jakbar dalam mengolah sampah dilirik oleh negara tetangga. Antara lain, India, Filipina, Singapura, Vietnam, Malaysia dan Australia.

Perwakilan dari mereka menyambangi Bank Sampah Induk (BSI) Satu Hati yang terletak di Cengkareng, Jakbar, Kamis (13/9). Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan Edi Mulyanto mengatakan, negara tetangga yang mengunjungi BSI merupakan bagian dari 45 negara yang mengikuti Asian Games 2018.

"Ada dari India, Filipina, Singapura, Vietnam, Malaysia dan Australia. Mereka tergabung di komunitas pemerhati lingkungan di negara masing-masing. Ada 15 orang yang akan berkunjung. Untuk perwakilan sudah ngobrol," terang Edi.

Menurut dia, tujuan kedatangan perwakilan sejumlah negara itu ingin mengetahui sistem menabung dengan sampah. Sebab, bagi mereka ini unik.

"Mereka datang, karena berharap bisa mengambil sistem yang baik dari program ayo menabung sampah ini. Apalagi sebagai negara tetangga, mereka punya permasalahan yang sama soal sampah,” ungkapnya.

Edi menuturkan, pihaknya melakukan simulasi proses alur sampah dari RW sampai ke BSI. Kemudian bagaimana mengubahnya jadi tabungan.

"Saya berharap, minimal masyarakat Jakarta Barat sudah bisa memahami dan memilah tentang pengolahan sampah itu. Sehingga lingkungan menjadi bersih dan mengurangi beban Bantar Gebang. Karena saya yakin Bantar Gebang nafasnya sudah terengah-engah," imbaunya. (ibl)

Sumber : Indopos
SHARES
TAGS   bank sampah
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar