Bank Syariah Bisa Jadi Solusi Krisis Global

Bank Syariah Bisa Jadi Solusi Krisis Global
Bank Syariah Bisa Jadi Solusi Krisis Global
JAKARTA – Krisis keuangan global yang sedang terjadi saat ini menjadi pelajaran berharga bagi pelaku ekonomi, terutama di negara-negara maju. Untuk mencegah agar tidak terulang kembali, penerapan ekonomi syariah dalam sistem ekonomi bisa menjadi salah satu solusi.

   

“Untuk mengatasi krisis tidak dapat dilakukan dengan menggunakan paradigma sistem ekonomi yang sama seperti saat ini,” ujar Ketua Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo), Riawan Amin dalam acara press conference World Islamic Economic Forum (WIEF) di Hotel Grand Hyatt kemarin.

   

Menurut dia, untuk mencegah krisis keuangan global terulang, perlu melakukan pembedahan hingga mendasar paradigma-paradigma sistem keuangan dunia.

   

Dia menyarankan agar pemerintah Indonesia tidak mendengar apa yang dikatakan masyarakat internasional, tentang resep-resep yang ampuh untuk mengatasi krisis keuangan saat ini. Lakukan saja yang terbaik bagi Indonesia, dan cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan ekonomi Syariah. Namun Riawan mengakui, penerapan sistem syariah tidak bisa dilakukan secara radikal dan mendadak.”Saya akui itu tidak mudah, harus secara bertahap,” tuturnya.

   

JAKARTA – Krisis keuangan global yang sedang terjadi saat ini menjadi pelajaran berharga bagi pelaku ekonomi, terutama di negara-negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News